Awas, Sembelit Bisa Jadi Adalah Tanda Kanker

doktersehat-toilet-duduk

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sering dianggap sepele oleh banyak orang adalah sembelit atau susah buang air besar. Meskipun biasanya masalah ini bisa diatasi dengan banyak minum, memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan, berolahraga, atau mengonsumsi obat pencahar, ada baiknya kita mewaspadai sembelit parah yang bisa membuat kita berada di dalam toilet hingga sangat lama, khususnya lebih dari 1 jam.

Dilansir dari Prevention, kasus sembelit yang paling sering terjadi pada manusia dipicu oleh kurang minum dan konsumsi serat sehingga kotoran pun menjadi lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan. Hanya saja, Melissa Latorre, M.D. dari NYU Langone Health menyebutkan bahwa jika sampai sembelit berlangsung sangat parah, ada kemungkinan hal ini adalah tanda kanker kolorektal.

Gejala lain yang patut untuk kita waspadai adalah kesulitan untuk buang air besar hingga berhari-hari lamanya, perubahan pada bentuk dan tekstur kotoran, adanya darah pada kotoran, penurunan berat badan dengan signifikan, penurunan nafsu makan, hingga seringnya mual-mual atau muntah. Jika sampai mengalami hal ini, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mendapatkan diagnosis dan penanganan medis yang tepat.

Jika setelah diperiksa oleh dokter kita hanya mengalami sembelit biasa, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengubah pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan. Sebagai contoh, perbanyak makan sayur dan buah-buahan serta mencukupi asupan air putih setiap hari. Selain itu, rajin-rajinlah berolahraga karena aktivitas fisik terbukti bisa membantu pergerakan usus yang tentu akan membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

Melihat adanya fakta ini, jangan sepelekan sembelit dan selalu terapkan gaya hidup sehat demi mencegahnya.