Sembelit Saat Hamil

DokterSehat.Com – Ibu yang mengalami kehamilan kerap kali lebih mengkhawatirkan kondisi dimana tubuhnya akan cenderung lebih mudah merasa lelah atau bahkan mengalami mual dan muntah-muntah. Hanya saja, ada beberapa ibu hamil lain yang justru mengalami masalah sembelit atau konstipasi. Ibu hamil yang mengalami sembelit tentu akan khawatir mengingat mereka tidak bisa asal mengkonsumsi obat pencahar, bukan? Apa yang sebenarnya membuat ibu hamil bisa mengalami sembelit?

shutterstock_313263605 copy

Sebagaimana beberapa kondisi kesehatan lainnya yang bisa mengenai ibu hamil, penyebab dari sembelit selama masa kehamilan juga disebabkan oleh berubahnya keseimbangan hormon dalam tubuh. Kali ini, hormon progesteron yang bisa meningkat dengan signifikan pada masa kehamilan yang menyebabkan otot usus menggerakkan makanan yang diserap menjadi lebih lambat. Perlambatan pergerakan usus sendiri akan sangat berguna bagi ibu hamil mengingat nutrisi pada makanan akan cenderung diserap dengan lebih baik, namun juga akan berimbas pada masalah sembelit.

Masalah sembelit ini bisa muncul pada minggu kehamilan ke sembilan hingga ke minggu tiga puluh dua. Selain mudah sembelit, ukuran rahim yang cenderung membesar juga ditengarai akan membuat tekanan pada perut menjadi lebih banyak dan membuat perut pun akan menjadi kurang nyaman. Pakar kesehatan menyebutkan jika selain akan kesulitan buang air besar, ibu hamil juga akan mudah merasakan nyeri perut dan rasa tidak nyaman, khususnya jika buang air besar terasa tidak tuntas. Satu hal yang pasti, jika sembelit ini bisa terjadi lebih dari tiga hari, ibu hamil haruslah memeriksakan kondisinya ke dokter karena jika dibiarkan begitu saja akan berpotensi menyebabkan wasir dan jika dipaksakan untuk buang air besar, bisa jadi wasir akan pecah dan menyebabkan pendarahan yang hebat.

Baca Juga:  Gigi Tanggal Pertanda Osteoporosis?

Untuk mengatasi sembelit selama kehamilan, ada baiknya ibu hamil memperbanyak konsumsi serat dan juga air putih dengan cukup setiap harinya. Makanan berserat diyakini akan semakin memperlancar saluran pencernaan dan mempermudah buang air besar. Selain itu, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter tentang latihan tubuh yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mencegah atau mengatasi sembelit.