Sembelit Parah, Kaki Pria Ini Lumpuh

kaki_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/science_vision

DokterSehat.Com– Pria berusia 57 tahun yang tidak disebutkan namanya dari Australia harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami mati rasa dan sulit untuk digerakkan. Penyebab dari masalah ini pun sangat aneh, yakni sembelit parah yang membuat kotoran dalam tubuhnya menghentikan aliran darah menuju kakinya.

Dilansir dari The Sun, sang pria kesulitan berjalan dan melakukan gerakan lain di kakinya. Saat diperiksa di rumah sakit, dokter bahkan tidak mampu menemukan denyut nadi di kakinya yang terasa sangat dingin akibat minimnya aliran darah. Ia juga mengalami sakit perut dan mual-mual parah selama 3 hari.

Setelah dijelaskan bahwa ia mengalami sembelit parah, dokter pun segera mengecek kondisi pencernaannya. Saat itulah diketahui bahwa kotoran dalam tubuhnya sudah sangat banyak dan mengganggu aliran arah. Dokter pun segera mengeluarkan dua liter kotoran dari perutnya secara manual melalui operasi. Empat hari kemudian, sang pria pun mulai menjalani proses pemulihan.

Dr. Simon Ho dari Footscray Hospital di Victoria, Australia, mendiagnosis sang pria terkena abdominal compartment syndrome. Kondisi ini membuat perut mengalami tekanan yang sangat tinggi dan akhirnya menurunkan aliran darah menuju organ dalam perut. Jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa memicu gagal organ dan kematian

Dalam kasus yang kemudian dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports ini, dokter menyebut usus sang pria telah dipenuhi dengan kotoran dalam jumlah yang sangat banyak sehingga mampu menghambat aliran darah pada pembuluh darah utama arteri pada bagian kanan tubuhnya yang mengalirkan darah menuju kaki kanan.

Sekitar 13 hari berada di rumah sakit, sang pria kembali bisa berjalan. Sepuluh hari kemudian, ia pun diperbolehkan pulang untuk berjanji untuk kembali menerapkan hidup sehat agar tak lagi terkena masalah sembelit.