Sembarangan Diet, Picu Osteoporosis

Dokter Sehat – Hampir semua wanita di dunia ini menginginkan tubuh langsing dan seksi, maka tidak heran bila banyak wanita yang rela diet ketat untuk mendapatkan tubuh ideal yang diidam-idamkan. Tetapi, jangan sampai Anda diet sembarangan, karena bisa memicu osteoporosis alias pengeroposan tulang.

6

Seperti diberitakan laman stepstohealthy, banyak wanita salah memahami arti diet. Sebenarnya, diet adalah mengalihkan makanan yang memiliki lemak tinggi ke makanan yang lebih kaya protein. Sayangnya, banyak wanita mengartikan diet dengan mengurangi makanan atau bahkan tidak makan sama sekali.

Berikut ini adalah diet yang salah :

1.Free milk diet atau no milk diet
Diet dengan memusuhi susu ini dilakukan oleh mereka yang berpendapat bahwa, untuk mencapai hasil yang sukses, susu dan produk olahannya harus dihilangkan dari daftar menu. Padahal mengonsumsi makanan berbahan baku susu yang kaya kalsium (Ca), malah akan membantu mengurangi dan mencegah kegemukan. Sebuah riset dari Obese Research Journal, menunjukkan bahwa konsumsi menu berkadar kalsium tinggi dalam bentuk susu dan produk olahannya sebanyak 2 kali dalam sehari, akan mengurangi risiko kegemukan sebesar 70%. Konsumsi kalsium dari susu atau produk olahan susu seperti keju rendah lemak juga akan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

2.Tiger diet
Diet yang hanya mengonsumsi daging ini jelas cara yang salah, dari riset yang dilakukan Dr. Klevay LM dan Dr. Wildman REC dalam Journal of Trace Elements in Medicine and Biology, ditemukan bahwa diet daging akan membuat tubuh kekurangan tembaga dan seng. Akibatnya, tulang paha 23% lebih rapuh dan lemah.

Sepanjang hidup dan secara terus-menerus, tulang di tubuh kita akan mengalami proses penurunan dan pembaruan atau pembangunan kembali. Proses pembaruan ini hanya dapat berlangsung dengan baik bila tubuh menerima vitamin dan mineral sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  Penyebab Kekencangan Otot Vagina Berkurang

Jika konsumsi vitamin dan mineral untuk proses pemeliharaan tulang tidak terpenuhi akibat diet yang salah, maka tubuh Anda akan mengambilnya dari tulang untuk melakukan proses metabolisma di dalam darah. Dengan cara ini, barulah metabolisma di dalam tubuh Anda dapat terus berjalan. Kalau kondisi ini terjadi terus-menerus selama bertahun-tahun, dan Anda tidak mengonsumsi kalsium karena diet yang salah, lama-kelamaan tulang jadi rapuh dan keropos.

Selain menjalani diet yang benar, biasakan pula mengonsumsi kalsium sebanyak 800-1.200 mg/hari. Ini merupakan kebutuhan rata-rata wanita dewasa pada umumnya, kebutuhan itu dapat dipenuhi antara lain dengan mengonsumsi susu sapi, susu kedelai, yoghurt, keju, ikan (terutama salmon dan sardin), kacang-kacangan, brokoli, kerang, dan aneka jenis sayuran hijau. Lakukan saja diet rendah kalori di bawah pengawasan dokter ahli gizi. Dengan begitu, makanan yang Anda konsumsi tetap mengandung zat gizi yang lengkap dan seimbang.