Semangka Merah dan Kuning Ternyata Memiliki Manfaat yang Berbeda, Lho

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang disukai oleh banyak orang adalah semangka. Bagaimana tidak, buah ini memiliki rasa yang manis dan sensasi segar untuk disantap. Selain itu, semangka juga kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Tak hanya semangka yang berwarna merah, kita juga bisa menemukan semangka yang berwarna kuning di pasaran. Selain berbeda warna, kedua jenis semangka ini ternyata juga memiliki kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan yang berbeda.

doktersehat-semangka

Kandungan gizi di dalam semangka kuning
Semangka kuning kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan citruline, asam amino, likopen, kalium, serta vitamin A dan C. Selain itu, semangka kuning kaya akan kandungan serat dan gula alami yang baik bagi penderita diabetes.

Kandungan gizi di dalam semangka merah
Di dalam 100 gram buah semangka merah kita bisa mendapatkan nutrisi seperti fosfor, zat besi, magnesium, zat besi, selenium, asam folat, serta vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, semangka merah juga kaya akan serat, protein, dan niasin.

Perbedaan manfaat kesehatan dari semangka merah dan semangka kuning
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi semangka kuning, maka kita akan mampu menjaga kesehatan mata dan tekanan darah, serta mencegah datangnya stroke dan penyakit jantung. Tingginya kandungan vitamin C pada semangka kuning juga akan membuat kita mencegah sariawan dengan lebih baik. Sementara itu, semangka merah mampu mencegah datangnya kanker, sembelit, dehidrasi, nyeri otot, dan peradangan pada tubuh. Tak hanya itu, semangka merah termasuk dalam sumber kolagen alami yang cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program diet. Semangka merah juga mampu merawat kesehatan ginjal.

Baca Juga:  Ibu Hamil Sebaiknya Sering-Sering Makan Buah Ini

Jadi, semangka warna apa yang kalian suka?