10 Fakta Perbedaan Manfaat Semangka Merah dan Semangka Kuning Bagi Kesehatan

perbedaan manfaat semangka merah dan semangka kuning

DokterSehat.Com– Anda suka mengonsumsi semangka? Semangka jenis manakah yang menjadi favorit Anda? Semangka memang menjadi favorit banyak orang di negara tropis, seperti di Indonesia. Bagaimana tidak, buah ini memiliki rasa yang manis dan sensasi segar untuk disantap. Selain itu, semangka juga kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Tak hanya semangka yang berwarna merah, kita juga bisa menemukan semangka yang berwarna kuning di pasaran. Selain berbeda warna, kedua jenis semangka ini ternyata juga memiliki kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan yang berbeda. Apa perbedaan manfaat semangka merah dan semangka kuning yang perlu Anda tahu?

Perbedaan Manfaat Semangka Merah dan Semangka Kuning untuk Kesehatan

  1. Kandungan Gizi Semangka Kuning
    Semangka merah dan semangka kuning sama-sama lezat. Namun, tahukah kamu kalau ada perbedaan manfaat semangka merah dan semangka kuning dari segi kandungan gizi?

Ternyata, semangka kuning kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan citruline, asam amino, likopen, kalium, serta vitamin A dan C. Selain itu, semangka kuning kaya akan kandungan serat dan gula alami yang baik bagi penderita diabetes.

  1. Kandungan Gizi Semangka Merah

Yang membedakan kandungan gizi semangka kuning tersebut dengan semangka merah adalah hasil penelitian bahwa di dalam 100 gram buah semangka merah kita bisa mendapatkan nutrisi seperti fosfor, zat besi, magnesium, zat besi, selenium, asam folat, serta vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, semangka merah juga kaya akan serat, protein, dan niasin.

  1. Perbedaan Kandungan Vitamin C

Semangka kuning memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, maka dari itu manfaat semangka kuning untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mencegah sariawan. Tingginya kandungan vitamin C di dalam semangka kuning juga bisa memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Sementara itu, semangka merah bukan berarti tidak memiliki kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C pada semangka merah tetap ada, sekalipun tidak sebanyak kandungan pada semangka kuning.

  1. Semangka Kuning Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi semangka kuning, maka kita akan mampu menjaga kesehatan mata. Untuk Anda yang selalu ingin menjaga penglihatan Anda agar tetap jernih dan sehat, Anda bisa mengonsumsi semangka kuning secara rutin karena semangka jenis ini memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang cukup tinggi.

  1. Semangka Merah adalah Pencegah Kanker

Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami kanker. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang berfungsi sebagai zat anti kanker, seperti halnya semangka merah. Buah semangka merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas. Hal ini sangat dibutuhkan untuk Anda yang terbiasa hidup di kota besar dan sering terpapar polusi, apalagi jika sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

  1. Semangka Kuning Bisa Mencegah Stroke

Tidak kalah dari manfaat semangka merah untuk kesehatan yang ternyata bisa mencegah kanker, manfaat semangka kuning untuk kesehatan pun tidak kalah dari semangka merah. Salah satu manfaat lain dari semangka kuning untuk kesehatan adalah berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah.

  1. Semangka Merah Mencegah Sembelit & Dehidrasi

Banyak yang menyajikan buah semangka merah sebagai makanan pencuci mulut saat diadakan sebuah jamuan. Selain itu, buah semangka merah juga sering disajikan untuk tamu acara yang datang untuk melakukan kegiatan tertentu pada tengah hari yang terik. Hal ini sama sekali tidak mengherankan karena buah semangka merah memang berfungsi untuk mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang tinggi.

Selain itu, memilih buah semangka merah sebagai hidangan penutup juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat buah semangka merah untuk kesehatan adalah mencegah sembelit sehingga buang air besar menjadi lancar setiap hari.

  1. Semangka Kuning Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung.

Ada lagi manfaat buah semangka kuning untuk kesehatan, yaitu mencegah stroke dan penyakit jantung. Konsumsi semangka kuning secara rutin agar terhindar dari dua penyakit berbahaya yang menjadi momok bagi banyak orang ini.

  1. Semangka Merah adalah Sumber Kolagen

Fakta tentang manfaat buah semangka merah yang lainnya adalah sebagai sumber kolagen. Karena kandungan kolagennya yang tinggi, secara alami buah semangka merah ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program diet. Semangka merah juga mampu merawat kesehatan ginjal.

  1. Dua-Duanya Baik untuk Dikonsumsi Secara Rutin

Anda telah mengetahui perbedaan manfaat buah semangka kuning dan buah semangka merah. Yang terpenting, telah terbukti bahwa ada manfaat semangka merah dan semangka kuning yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi dua jenis semangka tersebut secara rutin bisa membuat Anda semakin sehat dan bugar.

Namun, sebesar apa pun manfaat semangka merah dan semangka kuning untuk kesehatan, sangat penting untuk tidak mengonsumsi kedua jenis semangka secara berlebihan karena justu akan merugikan tubuh kita.

Jadi, semangka warna apa yang Anda suka?