Semangka, Buah yang Sehat Untuk Ginjal

DokterSehat.Com – Ginjal memiliki peran yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita. Bagaimana tidak, tanpa adanya ginjal, tubuh akan kesulitan untuk melakukan detoksifikasi alami atau pembuangan berbagai racun dan zat-zat yang tidak berguna pada tubuh. Selain itu, ginjal yang tidak bekerja dengan normal juga akan membuat tubuh kesulitan untuk membuang kelebihan air dalam tubuh atau setidaknya mempertahankan air saat tubuh membutuhkannya. Untuk menjaga kesehatan ginjal, pakar kesehatan menyarankan kita setidaknya mencukupi kebutuhan air putih setiap hari. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang bisa menjaga kesehatan ginjal layaknya buah semangka.

doktersehat-semangka-watermelon-sehat-buah-fruit-baik-untuk-pria

Pakar kesehatan menyebutkan jika semangka yang terkenal segar dan memiliki banyak kandungan alami yang sangat banyak layaknya vitamin ini ternyata sangat baik bagi organ ginjal. Bagaimana tidak, nutrisi dalam buah semangka ternyata bisa membantu ginjal menyaring dan membuang berbagai racun yang ada dalam tubuh kita. Tak hanya itu, ginjal yang dikenal kaya akan kandungan air ini ternyata akan sangat efektif menurunkan masalah asam urat yang sangat menyiksa.

Dengan banyak mengkonsumsi buah semangka, kita juga akan cenderung lebih baik dalam menurunkan resiko terkena batu ginjal. Bahkan, banyak pakar kesehatan yang menyarankan konsumsi semangka secara rutin bagi mereka yang sedang mengalami masalah batu ginjal.

Lantas seberapa banyak semangka yang bisa kita konsumsi untuk bisa menjaga kesehatan ginjal dan meningkatkan fungsinya? Tentu akan sangat sulit menghabiskan satu buah semangka yang bisa berukuran besar setiap harinya. Konsumsilah buah semangka setidaknya beberapa potong saja. Selain itu, pastikan kebutuhan air minum dalam sehari juga bisa dicukupi sehingga organ ginjal pun tetap berfungsi dengan semestinya.