Semangka, Buah yang Memiliki Banyak Kegunaan Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Semangka memiliki kandungan air yang begitu banyak, meskipun begitu semangka merupakan buah yang juga kaya akan berbagai nutrisi, vitamin dan mineral. Oleh karena itu semangka memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan kita, yaitu :

doktersehat-semangka

  1. Kesehatan Jantung

Mrnurut studi yang dilakukan, adanya kandungan lycopene yang tinggi pada semangka berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan sitrulin dan arginin yang terdapat pada semangka juga baik bagi kesehatan jantung. Semangka juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, yang pada akhirnya juga baik untuk kesehatan jantung penderitanya.

  1. Anti peradangan

Kandungan lycopene dan kolin membuat semangka dapat menghambat suatu proses peradangan baik akut maupun kronik dan juga berfungsi sebagai suatu antioksidan yang dapat menetralkan radikal radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Pada saat kita sakit terjadi kerusakan selular yang menimbulkan peradangan, makanan yang memilki fungsi sebagai antioksidan dapat membantu sistem imun untuk mempercepat pemulihan penyakit.

  1. Hidrasi

Kandungan air yang tinggi pada buah semangka, membuat nya sebagai buah yang baik yang dapat membantu menjaga kita agar tidak mengalami suatu kondisi dehidrasi.

  1. Pencernaan

Pada buah semangka juga memiliki banyak kandungan serat, yang membuatnya baik bagi keseahatan saluran pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar. Kurangnya serat dapat mempersulit buang air besar sehingga seseorang harus mengedan berlebihan untuk buang air besar, padahal mengedan berlebihan dapat menyebabkan hernia.

  1. Kesehatan kulit dan rambut

Kandungan vitamin A dan C pada buah semangka membantu pertumbuhan jaringan dan sel – sel pada manusia, Vitamin tersebut juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

  1. Pencegahan kanker

Penelitian yang dilakukan oleh institut kanker menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada semangka dapat membantu seseorang mengurangi risiko terkena kanker pada tubuhnya. Radikal radikal bebas yang terdapat pada tubuh dapat memicu terjadinya sel – sel kanker, dengan adanya antioksidan makan radikal radikal bebas tersebut dapat dinetralisir sehingga risiko terjadinya kanker dapat ditekan.