Semakin Tua, Kualitas Tidur akan Semakin Baik

DokterSehat.Com – Anggapan semakin tua semakin sulit tidur terbukti salah. Sebuah survei yang dilakukan peneliti Amerika Serikat justru menyatakan sebaliknya.



Para peneliti menelepon lebih dari 150 ribu orang dewasa dan menemukan kualitas tidur mereka lebih baik ketika memasuki usia 40 tahun. Bahkan di usia 80 tahun, mereka memperoleh kualitas tidur terbaiknya.

Penelitian yang dilakukan Center for Sleep and Circadian Neurobiologi dari Universitas Pennsylvania ini menanyakan kepada para sukarelawan soal ras, pendapatan, pendidikan, suasana hati, dan kondisi kesehatan.

Meskipun stres dan masalah kesehatan membuat kualitas tidur menjadi buruk, para peneliti justru menemukan pola yang berbeda. Jumlah keluhan tentang buruknya kualitas tidur justru turun setelah berusia 70 tahun.

Bahkan, jika kualitas tidur orang Amerika di usia tua lebih buruk daripada yang muda, perasaan kondisi itu membaik meningkat ketika mereka menua, ujar pemimpin penelitian itu, dokter Michael Grandner.

Profesor bidang Tidur dan Fisiologi dari Pusat Penelitian Tidur Surrey, Derk-Jan Dijk, menilai penelitian ini menarik. Kita harus keluar dari mitos tentang penuaan yang mengatakan mereka tidak puas dengan tidurnya, katanya.

Tapi penelitian yang berdasarkan jawaban tentang kondisi para sukarelawan sangat bergantung suasana hati mereka saat itu. Jika Anda marah karena bos tidak memberi kenaikan gaji, persepsi tentang kualitas tidur akan sangat berbeda dari orang pada umumnya, ujar Dijk.