Semakin Tua, Apakah Kita Semakin Sulit Untuk Menurunkan Berat Badan?

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang berusia dewasa yang mengalami masalah berat badan. Mereka sudah berusaha untuk menurunkannya namun sepertinya hal ini cukup sulit untuk dilakukan. Karena tak kunjung mendapatkan berat badan yang diinginkan, banyak orang dewasa yang akhirnya menganggap jika faktor usia membuat mereka lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Apakah hal ini memang benar adanya?

doktersehat-orangtua-olahraga

Pakar kesehatan di bidang geriatric dan endokrinologi bernama dr. Medha Munshi dari Beth Israel Ceaconess Medical Center di Boston, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa ada cukup banyak faktor yang menyebabkan seseorang sulit untuk menentukan berat badan dan salah satunya memang bisa karena faktor usia. Cukup banyak orang yang sebenarnya sudah cukup aktif namun pada akhirnya tetap kehilangan massa otot dan tetap menambah berat badannya setelah usianya mencapai 30 tahun. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa setelah usia tersebut, sistem metabolisme tubuh cenderung lebih lambat sehingga kita pun akan menambah kadar lemak dalam tubuh dengan signifikan. Bagi mereka yang sudah mencapai usia 50 tahunan atau saat kaum hawa mulai menjelang fase menopause, mereka juga akan mengalami penurunan kadar hormon estrogen dan testosteron yang bisa membuat mereka kesulitan menurunkan berat badan.

Pakar kesehatan jantung yang berasal dari Cleveland Clinic bernama dr. Leslie Cho menyebutkan bahwa perubahan pada berat badan ternyata berpengaruh besar pada sistem metabolisme tubuh. Tak hanya itu, seiring dengan bertambahnya usia, maka manusia juga cenderung tidak lagi aktif bergerak jika dibandingkan dengan saat mereka masih muda dan hal ini ternyata ikut berpengaruh pada menurunnya kebutuhan kalori harian. Andai kita kita tidak mengelola pola makan yang sehat, maka semakin bertambah usia kita, semakin sulit pula kita menjaga berat badan tetap ideal.

Baca Juga:  Kesalahan yang Kerap Kita Lakukan di Pagi Hari Ini Membuat Kita Mudah Gemuk

Lantas, apakah mereka yang sudah dewasa atau tua tidak mungkin menurunkan berat badannya? Dr. Cho berkata jika hal ini masih mungkin untuk dilakukan, namun, mereka harus benar-benar menjaga pola makan dengan baik dan melakukan olahraga layaknya latihan beban secara rutin. Dengan melakukannya, sistem metabolisme tubuh akan meningkat dan hal ini bisa membantu menurunkan berat badan.