Semakin Merah Hasil Kerokan Pertanda Tubuh Akan Segera Sembuh?

DokterSehat.Com– Kerokan masih menjadi salah satu pengobatan tradisional yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat tanah air. Dengan melakukannya, badan yang sebelumnya terasa tidak enak karena masuk angin pun akan terasa jauh lebih baik. Banyak orang yang menganggap bahwa hasil kerokan yang semakin merah adalah tanda bahwa tubuh sedang tidak sehat namun akan segera sembuh berkat pengobatan alternatif ini. Apakah memang hal ini benar adanya?

doktersehat-kerokan

Pakar kesehatan spesialis jantung bernama dr. Isman Firdaus, SpJP, MD menyebutkan bahwa warna merah pada kulit yang muncul setelah kerokan ini disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah. Bagi orang yang sehat, kerokan akan memicu cedera ringan pada kulit dan akhirnya menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada tempat yang dikerok. Hal inilah yang membuat kulit memiliki warna merah. Bahkan jika kerokan ini dilakukan dengan sangat keras, bisa jadi pembuluh darah mikro akan pecah.

Yang menjadi masalah adalah, kerusakan pembuluh darah ini beresiko menyebabkan peradangan pada kulit hingga menurunkan antibody pada tubuh. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh, bukan?

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kerokan bisa menyembuhkan satu penyakit tertentu. Bahkan, jika daya tahan tubuh kita sedang menurun, dr. Isman sama sekali tidak merekomendasikan kerokan karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk akibat dari menurunnya jumlah antibodi.