Semakin Banyak Busa Sabun Bisa Membuat Badan Lebih Bersih?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang ternyata menganggap jika sabun yang bisa menghasilkan busa lebih banyak akan membuat badan kita menjadi lebih bersih dan terbebas dari kuman saat mandi. Mandi dengan banyak busa akan membuat badan terasa lebih segar dan nyaman sebelum melakukan berbagai aktifitas atau saat ingin bertirahat. Apakah memang benar jika semakin banyak busa sabun memang bisa membuat badan lebih bersih?

doktersehat-mandi

Pakar kesehatan ternyata menyebutkan bahwa busa sabun yang melimpah belum tentu berimbas positif bagi kebersihan kulit kita saat mandi. Sebagai informasi, busa yang muncul dari sabun mandi ini ternyata berasal dari bahan kimia surfaktan layaknya sodium lauryl sulfate atau sodium laureth sulfate. Bahan kimia ini digunakan pada sabun mandi karena memiliki harga yang cenderung murah namun mampu memproduksi busa dengan jumlah yang cukup banyak.

Yang menjadi masalah adalah, semakin banyak busa sabun yang muncul, kita ternyata harus membilasnya dengan lebih baik karena andai tidak dibilas dengan sempurna, bahan kimia pembuat busa ini akan tetap menempel pada permukaan kulit dan akhirnya menumpuk. Padahal, bahan kimia sulfat ini bisa membuat kandungan minyak alami pada kulit semakin tergerus sehingga kulit pun akan lebih mudah mengalami masalah kulit kering atau iritasi.

Minyak alami adalah bagian yang penting dalam merawat kesehatan atau melindungi kulit kita. Andai kulit kita kerap terkena bahan kimia secara berlebihan setiap hari, termasuk jika terkena busa sabun dalam jumlah yang sangat banyak, dikhawatirkan kesehatan kulit akan terganggu.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak lagi berpikir jika busa sabun yang melimpah bisa membuat kulit menjadi lebih bersih. Tak perlu harus menggunakan busa yang banyak saat mandi. Justru, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencari sabun yang tidak memproduksi banyak busa dan memiliki kandungan pelembab agar kulit kita terjaga kesehatan dan kecantikannya.