Semakin Banyak Busa Berarti Semakin Baik Pasta Gigi?

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang menggunakan pasta gigi dalam jumlah yang sangat karena berpikir jika hal ini akan membuat busa yang dihasilkan saat menyikat gigi lebih banyak. Dengan busa yang lebih banyak, diharapkan kita bisa membersihkan gigi dan mulut dengan lebih baik. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah busa pasta gigi yang banyak memang bisa membuat gigi lebih bersih?

doktersehat-sikat-gigi-pasta-odol

Pakar kesehatan gigi drg. Hardini Dyah Astuti, Sp. Perio, menyebutkan bahwa busa yang banyak dari pasta gigi ternyata tidak selalu menandakan bahwa pasta gigi ini memiliki fungsi yang lebih baik dalam membersihkan gigi. Bagi mereka yang memiliki gigi sensitif misalnya, bisa jadi pasta gigi yang menghasilkan busa dalam jumlah yang banyak ini justru bisa membuat masalah gigi sensitifnya menjadi lebih parah.

Menurut drg. Hardini, mereka yang memiliki masalah gigi sensitif sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih pasta gigi yang akan mereka gunakan, jangan hanya tentang seberapa banyak busa detergen yang dihasilkan. Menurut beliau, busa yang banyak ternyata hanya memiliki fungsi sebagai pencuci gigi, bukannya memberikan perlindungan yang lebih baik bagi gigi kita.

Jika kita ingin memilih pasta gigi, baik itu yang untuk gigi yang normal maupun gigi sensitif, ada baiknya kita memilih pasta gigi yang memiliki kandungan potasium sitrat dan fluoride. Kedua kandungan ini bisa merawat kesehatan gigi dengan baik, termasuk bagi gigi sensitif. Hanya saja, untuk menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan, ada baiknya kita juga memperhatikan hal-hal lainnya seperti cara menyikat gigi, frekuensi menyikat gigi, sikat gigi yang digunakan, hingga penggunaan obat kumur. Untuk sikat gigi sendiri, drg. Handini menyarankan kita untuk memilih sikat dengan bulu yang lembut. Sementara itu, untuk obat kumur, ada baiknya kita memilih yang kadar alkoholnya rendah.