Selulit Bisa Muncul Akibat Penuaan Kulit

Doktersehat.com – Selulit yang timbul di bagian paha dan pantat pastilah merusak keindahan kulit Anda. Selain itu, lipatan lemak ini juga menjadi penghalang wanita untuk tampil seksi di depan suami.



Sekitar 80 sampai 90 persen wanita dewasa mengalami selulit akibat stres, penuaan, berat badan, dan faktor genetik. Sebagaimana yang dilansir Livestrong berikut ini penyebab timbulnya selulit di daerah paha dan pantat:

Pola hidup tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi kopi, diet tinggi garam yang meningkatkan retensi cairan , serta terjadinya perubahan hormon karena stres, semua faktor tersebut dapat memicu timbulnya selulit.

Untuk mengurangi timbulnya selulit sebaiknya lakukan latihan, relaksasi, dan ubah perilaku kurang sahat menjadi kebiasaan yang lebih sehat .

Penuaan

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit juga dapat kehilangan alastisitasnya. Akibatnya, kulit mulai mengendur di area tertentu  sehingga cairan dan lemak menumpuk seperti di pantat atau daerah sekitar mata.

Dengan mempertahankan gaya hidup sehat, elastisitas dan kekencangan kulit akan lebih terlindungi meski usia mulai bertambah.

Genetik

Selulit terbentuk karena sel-sel lemak mendorong permukaan kulit berlawanan dengan fibrosa yang mencoba untuk menjaga kulit. Faktor genetika dapat mempengaruhi struktur kulit dasar, elastisitas kulit, dan kecenderungan untuk mendapatkan berat badan, semua faktor tersebut berkaitan dengan selulit.

Wanita cenderung lebih berisiko mengalami selulit ketimbang pria kareana tubuh wanita secara genetik relatif memiliki lemak yang lebih banyak dan ototnya lebih sedikit dari tubuh pria.

Berat badan

Meningkatnya kadar lemak di bawah permukaan kulit dapat menaikkan pula risiko munculnya selulit di seluruh tubuh. Lengan, dada, dan perut bagian bawah bisa menunjukkan tanda-tanda selulit, tapi lemak yang mengumpul akan terlihat paling jelas di daerah paha dan pantat ketimbang daerah yang lain.

Baca Juga:  Mandi Bermanfaat untuk Kesehatan dan Menyembuhkan Penyakit

Sumber: detik.com