Selulit Bisa Disebabkan Oleh Trauma Masa Kecil

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kulit yang sangat tidak diinginkan oleh kaum hawa adalah masalah selulit. Selulit yang terkadang disamakan dengan tampilan kulit jeruk ini bisa membuat kulit serasa tidak lagi mulus dan membuat kepercayaan diri wanita menurun drastis. Sayangnya, hampir 80 persen dari wanita ternyata memiliki masalah kulit ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-selulit-gendut-gemuk-perut

Seorang psikolog dari Venezuela mengemukakan sebuah pendapat yang unik dimana selulit ternyata bisa disebabkan oleh trauma yang terjadi di masa kecil. Pendapat ini cukup berbeda dari pendapat yang beredar di masyarakat dimana selulit seringkali terjadi karena kurang lancarnya sirkulasi darah atau karena latihan tubuh yang kurang tepat. Psikolog yang bernama Martha Sanchez Navarro berkata jika seseorang menyalami trauma di masa kecil, secara tidak sadar ia mengalami emosi yang tidak menentu dan emosi ini bisa mempengaruhi tampilan fisik secara kasat mata, dalam hal ini adalah tampilan pada kulit. Sebagai contoh, jika seseorang mengalami masa kecil yang kurang bahagia atau penuh tekanan yang membuat kreativitasnya tidak bisa dikeluarkan, emosi yang terpendam karena masalah-masalah tersebut bisa membuat selulit muncul di kala orang tersebut beranjak dewasa.

Meskipun pendapat ini cukup kontroversial, beberapa pakar dari bidang lain layaknya pakar kesehatan bernama Alexander Barani juga menyetujui pendapat ini. Menurutnya, kondisi emosional ternyata berpengaruh besar pada tampilan fisik seseorang. Sebagai contoh, beberapa orang lebih sering terkena depresi atau stress ternyata bisa memiliki lebih banyak keriput atau uban pada rambut. Selain itu, mereka yang sering mendapatkan emosi negatif layaknya stress atau marah dan kesal pada sesuatu bisa membuat tampilan seseorang menjadi kusam dan kurang menarik.

Baca Juga:  Gatal-Gatal Saat Mencukur Bulu Kemaluan Bisa Diatasi Dengan Tips Berikut

Jika kita mengesampingkan masalah psikologis, selulit sendiri bisa disebabkan karena berbagai faktor layaknya faktor keturunan, hormonal, lingkungan, hingga gaya hidup. Sebagai contoh, mereka yang suka mengkonsumsi makanan berlemak, garam, dan karbohidrat namun kurang diimbangi dengan makanan berserat dan juga kurang mendapatkan asupan air putih membuat tubuh mudah mendapatkan selulit, khususnya di area perut, paha, dan juga pantat.