Selfie Ternyata Baik Bagi Kesehatan Mental

DokterSehat.Com – Selfie semakin digemari masyarakat di seluruh dunia. Dengan melakukan selfie, mereka bisa membagi kebahagiaan mereka dengan orang lain di sosial media. Sayangnya, banyak orang yang beranggapan jika selfie sangat erat dengan sifat narsis yang kerap disamakan dengan hal yang negatif. Namun, dibalik anggapan negatif dari berbagai kalangan, pakar kesehatan justru menemukan fakta menarik dimana selfie memiliki kebaikan bagi kesehatan mental seseorang.

doktersehat-selfie-elbow-gaming-thumb

Sebuah penelitian dilakukan di University of California di Amerika Serikat dengan melibatkan setidaknya 41 mahasiswa sebagai partisipan. Para mahasiswa ini diamati kebiasaan sehari-harinya, termasuk dalam melakukan selfie selama satu bulan penuh. Para mahasiswa ini sendiri terbagi dalam tiga kelompok dimana kelompok pertama diminta untuk melakukan selfie setiap harinya, sementara itu, kelompok kedua diminta untuk mengambil gambar yang sekiranya bisa membuat mereka merasa bahagia, dan kelompok ketiga diminta untuk mengambil foto dari hal-hal yang bisa membuat orang lain bahagia dan mengirimkannya pada orang-orang tersebut. Para partisipan juga memakai semacam aplikasi khusus yang bisa merekam mood mereka setidaknya tiga kali dalam sehari.

Saat penelitian masih berlangsung, para pakar kesehatan membandingkan mood para mahasiswa ini dari minggu pertama hingga minggu terakhir dan mendapati jika sebagian besar partisipan pada kelompok pertama yang melakukan selfie mengalami kenaikan mood secara signifikan. Ada emosi positif yang berkembang dari para partisipan ini dimana para mahasiswa dari kelompok pertama semakin mendapatkan kepercayaan diri setelah melakukan selfie setiap hari dan saat mereka mengambil gambar dari obyek lain, mereka juga lebih menghargai orang lain dan apa yang ada di sekitarnya. Sementara itu, partisipan dari kelompok ketiga cenderung lebih tenang dan memiliki hubungan sosial lebih baik dengan keluarga dan teman-teman sehingga tingkat stress mereka juga menurun dengan signifikan.

Baca Juga:  Awas, Kasus Penis Terjepit Resleting Ternyata Masih Tinggi

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Yu Chen, menyebutkan jika ada kemungkinan selfie bisa menjadi pembangkit mood mereka dan menurunkan beban saat menghadapi berbagai persooalan kehidupan yang bisa memicu depresi. Jadi, jangan ragu untuk berselfie setiap hari karena memang baik bagi kesehatan mental kita.