Selfie Bisa Memicu Penuaan Dini

DokterSehat.Com – Selfie adalah salah satu trend terkini yang banyak dilakukan semua orang di seluruh dunia. Dengan selfie, setiap orang bisa menunjukkan kegiatannya setiap hari bersama dengan teman-teman atau bahkan menunjukkan dimana saja mereka sedang berada. Banyak orang yang bahkan kecanduan melakukan selfie, apalagi jika suasana hatinya sedang sangat baik dan merasa bahwa dirinya sedang sangat cantik dan percaya diri untuk ditunjukkan melalui media sosialnya.

doktersehat-narsis-narsistik

Meskipun menjadi trend yang sangat populer, selfie ternyata kerap dikaitkan dengan gangguan kesehatan. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika mereka yang kecanduan selfie, khususnya yang menunjukkan selfie dirinya sendiri setiap hari dengan posisi yang sedikit berubah saja pada tempat yang sama dan jumlah foto yang diunggah sangatlah banyak, bisa-bisa dirinya mengalami gangguan kejiwaan yang berkaitan dengan narsisisme. Selain faktor psikologis, pakar kesehatan juga mengingatkan kita bahwa kecanduan selfie secara teori ternyata juga berperan dalam menyebabkan penuaan dini.

Saat kita melakukan selfie, tanpa kita sadari kita akan sering menatap radiasi sinar yang muncul dari layar ponsel. Radiasi sinar ponsel ini disebut sebagai High Engery Visible atau HEV dan memiliki kekuatan dan efek buruk yang setara dengan paparan sinar UV dari matahari. Paparan sinar HEV yang terlalu sering karena melakukan selfie ini bisa membuat kerusakan kulit layaknya keriput, inflamasi, ketidakrataan warna kulit, atau bahkan masalah kulit kering.

Jika kita bisa melakukan selfie hingga 100 kali setiap hari, tentu bisa anda bayangkan seberapa banyak paparan sinar HEV pada wajah kita. Wajah pun akan beresiko mengalami penuaan dini yang tentu akan mengurangi rasa percaya diri. Untuk menghindari hal ini, mau tidak mau kita tentu harus lebih bijak dan menahan diri untuk melakukan selfie terlalu banyak dan matikan ponsel saat tidur agar kita terbiasa untuk tidak terlalu bergantung pada ponsel. Terapkan pula gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup, olahraga rutin, dan juga konsumsi makanan yang sehat sehingga masalah penuaan dini pun bisa kita cegah.