Selama Puasa, Ibu Hamil Sebaiknya Mengkonsumsi Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Biasanya, pakar kesehatan kurang menganjurkan ibu hamil untuk berpuasa. Namun, dalam realitanya, masih banyak ibu hamil, khususnya yang berada dalam usia kehamilan yang sudah cukup matang untuk berpuasa. Alih-alih melarang, pakar kesehatan pun akhirnya memberikan tips agar ibu hamil tetap bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh dirinya dan janinnya meskipun Ia harus menahan lapar dan haus seharian penuh. Apa sajakah makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil selama bulan puasa?

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan jenis karbohidrat kompleks layaknya beras merah, gandum, hingga cokelat. Makanan-makanan ini akan membuat tubuh melepas energi secara perlahan sehingga tubuh ibu pun tidak mudah lemas saat berpuasa. Selain itu, konsumsilah makanan yang kaya serat dari kacang-kacangan, sayur, hingga buah-buahan yang bisa memberikan efek kenyang dan bugar lebih lama. Makanan berserat juga membantu kesehatan pencernaan ibu hamil. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan dan beberapa makanan kaya protein lainnya layaknya ikan, telur, hingga daging juga akan membantu janin tetap ternutrisi dengan baik sehingga perkembangannya pun tetap lancar.

Jangan pernah lupakan konsumsi air dengan cukup dalam sehari. Ingatlah bahwa idealnya manusia meminum 1,5 hingga 2 liter air setiap harinya. Selain air putih, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya air untuk menghindari masalah dehidrasi yang tentu berbahaya bagi kesehatannya.

Hindarilah makanan atau minuman yang cenderung manis layaknya sirup saat berbuka ataupun santap sahur. Makanan atau minuman manis akan cenderung meningkatkan kadar gula darah dengan sangat drastis sehingga ibu hamil pun akan mudah lelah dan pusing-pusing. Selain itu, hindari pula minuman berkafein demi mengindari resiko terkena dehidrasi di siang hari.