Selama Menstruasi, Sebaiknya Hindari Makanan-Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Pada saat fase menstruasi tiba, wanita akan mendapati tubuhnya mengalami banyak perubahan. Selain bisa membuat rasa nyeri pada banyak bagian tubuh, menstruasi juga bisa berpengaruh besar pada suasana hati atau tingkat stress seseorang. Untuk menghindari berbagai gangguan pada tubuh tersebut, ada baiknya wanita mulai mengatur pola makannya agar rasa sakit pada tubuh tidak begitu terasa. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari kaum wanita saat fase menstruasi tiba.

doktersehat-junk-food

Makanan yang manis seringkali dianggap mampu membuat rasa tenang bagi kebanyakan orang. Sayangnya, makanan yang manis layaknya permen atau minuman bersoda yang kaya akan kandungan gula ternyata bisa membuat peningkatan kadar gula dalam darah dan pada akhirnya bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah lesu dan mempengaruhi suasana hati. Selain makanan yang kaya dengan kandungan gula, makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari kaum hawa saat fase menstruasi tiba. Makanan cepat saji memang sangat mengenyangkan dan terasa enak. Sayangnya, kandungan lemak trans yang sangat tinggi akan membuat hormon estrogen meningkat drastis dan pada akhirnya membuat kram perut menjadi lebih sakit dan terasa.

Minuman berkafein layaknya teh, kopi, atau minuman cokelat memang sangat enak jika dikonsumsi. Sayangnya, kemampuan minuman ini yang bisa membuat tubuh mendapatkan dehidrasi bisa memicu rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada kepala. Tambahan rasa sakit tentu akan membuat fase menstruasi terasa lebih buruk, bukan? Selain itu, hindari pula makanan olahan layaknya kornet atau daging sosis kemasan. Jenis makanan ini kaya dengan sodium dan MSG yang bisa mempengaruhi penyimpanan air di dalam tubuh.

Makanan gorengan ternyata juga sebaiknya dihindari oleh wanita yang sedang mengalami masa menstruasi. Kandungan lemak yang sangat tinggi pada gorengan diyakini bisa membuat hormon estrogen meningkat dan meningkatkan rasa sakit atau kram pada perut. Agar tubuh tidak mengalami rasa nyeri berlebihan, ada baiknya wanita memang tidak mengkonsumsi makanan-makanan di atas selama fase menstruasi berlangsung.