Selalu Merasa Lapar? Bisa Jadi Kita Kurang Tidur

DokterSehat.Com – Kadangkala kita merasa terheran-heran dengan kondisi perut yang terus saja merasa lapar meskipun kita sudah mengkonsumsi makanan dengan cukup. Kita pun bertanya-tanya apakah sebenarnya ada masalah dalam proses pencernaan kita sehingga selalu merasa lapar. Namun, alih-alih menyalahkan sistem pencernaan, ada baiknya kita justru mengecek kembali apakah selama ini kita sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup atau tidak. Bagaimana tidak, pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita kurang tidur, kita cenderung memiliki keinginan untuk makan secara berlebihan.

doktersehat-lapar-tengah-malam

Professor Marie-Pierre St-Onge yang berasal dari Columbia University di New York Amerika Serikat menyebutkan jika kualitas diet seseorang ternyata bisa dipengaruhi oleh kualitas tidurnya. Menurut beliau, andai kita mendapatkan waktu tidur yang cukup, kita akan cenderung mengkonsumsi kalori lebih sedikit keesokan harinya. Sebaliknya, andai kita kurang tidur, maka yang terjadi adalah kita akan menginginkan konsumsi makanan secara berlebihan dan beresiko besar terkena masalah berat badan.

Yang menarik adalah, hubungan antara kualitas tidur dengan keinginan untuk makan adalah hubungan timbal balik sehingga andai kita memiliki pola makan yang buruk, kita juga bisa mempengaruhi kualitas tidur kita. St-Onge menyebutkan jika andai kita mengkonsumsi banyak asupan lemak dan menyukai makanan manis, kita akan cenderung memiliki kualitas tidur malam yang sangat buruk. Sementara itu, andai kita mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya akan serat, tidur kita justru akan lebih nyenyak. Beliau menyebutkan jika mereka yang suka mengkonsumsi makanan kaya lemak cenderung membutuhkan waktu 29 menit untuk bisa terlelap, jauh lebih lama dari mereka yang suka mengkonsumsi makanan bergizi yang hanya membutuhkan waktu 17 menit saja.

Baca Juga:  Osteoarthritis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dengan adanya fakta-fakta ini diketahui bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita harus menerapkan pola tidur yang baik dan konsumsi makanan-makanan yang bergizi seimbang. Selain itu, jangan lupakan pula olahraga yang bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan tidak mudah terkena penyakit.