Selalu Buru-buru Memicu Makan Berlebih

Doktersehat.com – Terburu-buru sering dilakukan bagi orang yang sedang mengejar waktu atau target tertentu. Dan mereka pun tidak menyadari seberapa besar hal ini membawa pengaruh  kepada kesehatan mereka.  Orang-orang yang impulsif biasanya menunjukkan perilaku sering terburu-buru. Menurut penelitian, orang-orang ini berpotensi menambah 10 kg berat badannya.



“Orang yang sering terburu-buru biasanya tak dapat menikmati kegiatan yang dia lakukan. Begitu juga dengan pola makannya,” kata Nunny H. Budialenggana, pakar hipnosis pelangsingan tubuh.

Orang yang terburu-buru biasanya tidak sadar apakah dia makan karena lapar, hanya untuk memenuhi kewajiban, atau sekadar mengubah mood. Alhasil, makanan di piring tiba-tiba sudah kosong tanpa tahu berapa banyak yang masuk.

Menurut Daniel Amen, ahli saraf klinis dari Amerika yang juga penulis The Amen Solution: The Brain Healthy Way to Lose Weight and Keep it Off, orang yang impulsif harus menghindari konsumsi karbohidrat kompleks karena malah mengurangi fungsi kontrol otak. Konsumsilah makanan-makanan yang bisa meningkatkan kadar dopamin, seperti ayam dan gandum, supaya konsentrasi meningkat.

Nunny menambahkan, pada saat makan kita harus menikmati seluruh prosesnya, mengetahui betul aroma dan rasa makanan tersebut, serta mengunyahnya perlahan. Penelitian membuktikan, tindakan ini membuat kita merasa cepat kenyang, walau dengan porsi yang lebih sedikit.

Sumber : health.kompas.com & nastar.web.id