Selain Wortel, Makanan Ini Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Mata

DokterSehat.Com– Jika kita melihat wortel, kita tentu akan langsung berpikir jika sayuran berwarna oranye ini bisa membuat mata kita semakin sehat. Dalam realitanya, wortel memang kaya akan kandungan vitamin A yang bisa membuat mata tetap sehat dan mencegah datangnya berbagai gangguan penglihatan. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebenarnya ada beberapa jenis makanan lainnya yang juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Apa sajakah makanan tersebut?

doktersehat-anak-mata-bintitan-bisul

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang kenari ternyata kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin E. Tak hanya bisa membantu menjaga kesehatan kulit, kandungan ini ternyata juga bisa mencegah datangnya penyakit degeneratif pada mata. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk mengkonsumsi 20 butir kacang almond dalam sehari untuk menjaga kesehatan mata.

Ikan
Berbagai jenis ikan, khususnya ikan salmon, ternyata kaya akan kandungan protein yang baik bagi kesehatan mata. Ikan salmon sendiri kaya akan kandungan omega 3 yang bisa menjaga kesehatan retina. Tak hanya itu, asam lemak ini juga mencegah datangnya masalah mata kering.

Susu
Berbagai produk susu baik itu susu yang kita minum sehari-hari dan turunannya seperti keju dan yoghurt ternyata kaya akan kandungan vitamin A dan zat besi yang sangat baik bagi kesehatan kornea mata.

Jeruk
Berbagai buah-buahan sitrus seperti jeruk memang kaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh. Yang tidak disangka adalah kandungan vitamin C ini ternyata juga bisa menjaga kesehatan pembuluh darah yang ada pada mata kita. Alhasil, rutin mengkonsumsi buah ini bisa membuat kita mencegah beberapa jenis penyakit degeneratif pada mata seperi katarak dan degenerasi macula.