Selain Virus Zika, Brasil Juga Menghadapi Bakteri Super Yang Mencemari Air dan Pantainya

DokterSehat.Com – Menjelang Olimpiade Musim Panas di Rio de Janeiro, Brasil, musim panas ini, banyak pakar kesehatan yang menyerukan bahayanya Olimpiade ini jika dipaksakan untuk digelar mengingat masih mewabahnya virus zika yang ada pada negara yang kaya festival tersebut. Beberapa atlet olahraga terkenal bahkan sudah mengkonfirmasi ketidakhadirannya pada ajang empat tahunan ini karena khawatir ikut terinfeksi virus berbahaya ini. Masalah virus zika ini masih berlangsung, Komite Olimpade Brasil juga kini harus mewaspadai masalah kesehatan lainnya. Baru-baru ini, pakar kesehatan di Brasil menemukan adanya bakteri resisten yang muncul pada area lepas pantai Rio yang diyakini termasuk dalam bakteri super.

doktersehat-Ehrlichiosis-bakteri-kutu

Picao, salah seorang peneliti yang terlibat, menyebutkan jika penemuan ini sangat mengejutkan banyak pihak. Menurutnya, munculnya bakteri super ini ditengarai disebabkan oleh banyaknya polusi yang dibuang oleh aktifitas manusia dekat dengan kota Rio. Pantai-pantai yang diketahui telah tercemar oleh bakteri ini adalah Flamengo, Leblon, Ipanema, dan Botafogo, yang ironisnya sangat dekat dengan area Olimpiade yang nantinya akan digelar.

Atlet Paralympic Jerman, Heiko Kroger menyebutkan jika ada kemungkinan tempat olahraga laut layaknya berlayar telah tercemar oleh bakteri super ini dan dikhawatirkan menyebabkan masalah kesehatan bagi para atlet. Menurut pakar kesehatan, jika bakteri ini terkena wajah seseorang, ada kemungkinan Ia akan terkena infeksi kulit yang parah.

Picao menyebutkan jika ada kemungkinan bakteri ini muncul karena buruknya infrastruktur sanitasi perkotaan di Brasil dan adanya berbagai limbah rumah sakit yang tidak dinetralisir dengan baik. Melihat adanya fakta ini, Picao pun berharap agar otoritas Olimpiade memindahkan ajang olahraga yang dilangsungkan di pantai atau lautan dipindahkan ke area yang lebih aman demi keamanan para atlet dan penonton yang ingin menikmati Olimpade. Namun, Ia juga belum bisa memastikan jika pantai-pantai lain apakah sudah terkontaminasi dengan bakteri tersebut atau tidak.