Selain Tidur, Inilah Trik Detoksifikasi Tubuh Secara Efektif dan Alami

DokterSehat.Com– Tanpa disadari, setiap hari tubuh manusia selalu dihinggapi dan diancam oleh racun-racun yang bisa membahayakan kesehatan. Racun itu sendiri bisa datang dari polusi di jalanan, ataupun dari pola hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan makan junkfood serta kebiasaan begadang. Nah, untuk membuang dan mengusir di dalam tubuh tersebut, tubuh melakukan proses detoksifikasi, yakni mengeluarkan racun secara alami dari dalam tubuh.

Sampai saat ini, banyak yang meyakini jika cara terbaik bagi tubuh untuk mendetoks diri adalah dengan tidur. Ya, tidur memang salah satu cara detoksifikasi. Sebab, saat tidur, racun-racun yang bersarang di dalam tubuh bisa diusir ketika kita sedang tertidur pulas. Namun, tahukah Anda jika ternyata detoksifikasi tak hanya bisa dilakukan saat seseorang sedang tertidur? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah trik detoksifikasi yang aman dan alami:

  • Berjemur di Pagi Hari

Kegiatan ini mungkin sangat jarang Anda lakukan dengan alasan tak ada waktu. Ya, orang yang aktivitasnya sangat padat memang jarang melakukan kegiatan di pagi hari. Jangankan untuk berjemur, untuk sarapan saja biasa dilewatkan. Berjemur di pagi hari merupakan salah satu cara detoksifikasi yang terbilang ampuh. Sebab, paparan sinar matahari di pagi hari bisa merangsang tubuh dalam memperoduksi berbagai vitamin, terutama vitamin D.  Dengan rutin melakukannya, racun di dalam tubuh Anda akan terbakar dengan sendirinya sehingga hasil detoksifikasi saat tidur semalam menjadi lebih sempurna hasilnya jika dibarengi dengan berjemur di pagi hari.

  • Perbanyak Gerak

Sebagai orang yang sehat, Anda harus selalu mengeluarkan keringat. Itu adalah konsep dasar yang biasa dijadikan acuan dalam dunia kesehatan. Keringat sendiri bisa didapatkan dengan berbagai cara, misalnya banyak bergerak atau olahraga. Jika Anda tidak memiliki waktu lebih untuk berolahraga, maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas kantor sebagai bahan dasar latihan. Misalnya, Anda bisa berjalan pada anak tangga kantor daripada harus menggunakan lift. Sebab, racun akan hilang bersama dengan keringat yang keluar dari dalam tubuh Anda.