Selain Olahraga, Aktifitas Ini Juga Bisa Membuat Tubuh Semakin Sehat

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya dan andai mereka memiliki waktunya pun, mereka malas untuk melakukannya dan memilih untuk bersantai atau malas-malasan. Jika anda ingin tetap memiliki tubuh yang sehat namun jarang berolahraga, ada baiknya anda sering-sering melakukan aktifitas berikut ini.

jalan_lari_hutan_doktersehat

Berjalan kaki
Meskipun termasuk dalam salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan, dalam realitanya kita semakin jarang berjalan kaki. Tak percaya? Seberapa sering anda memilih untuk memakai sepeda motor hanya untuk pergi ke toko terdekat? Cobalah untuk semakin sering menyempatkan waktu untuk berjalan kaki layaknya saat pergi ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah. Jika bisa, berjalan kakilah ke tempat kerja atau ke tempat dimana kita bisa memakai transportasi umum. Dengan berjalan 30 menit saja dalam sehari, kita sudah mampu menurunkan resiko terkena masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, stroke, bahkan diabetes.

Menari
Jika anda sendirian di rumah atau sedang menonton acara musik yang menyenangkan, tidak ada salahnya untuk ikut menari. Menurut pakar kesehatan, menari bisa memberikan manfaat kesehatan bagi fisik dan mental. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Colorado State University, diketahui bahwa menari juga bisa membuat kita menjaga daya ingat, menurunkan stress, sekaligus mencegah datangnya depresi.

Mendaki gunung
Salah satu aktifitas yang sedang digandrungi anak muda jaman sekarang ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya melatih fisik, mendaki gunung juga bisa membuat kita menikmati pemandangan, suasana alam, dan udara segar yang sangat baik bagi kesehatan mental. Kerap mendaki gunung disebut-sebut mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung, mengendalikan tekanan darah dan gula darah, sekaligus menjaga kepadatan tulang.