Selain Nasi, Kita Bisa Mendapatkan Asupan Karbohidrat Dari Makanan-Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang di Indonesia merasa tidak akan kenyang jika belum memakan nasi. Bahkan, adanya persepsi ini membuat banyak orang tidak merasa telah melakukan makan besar jika tidak memakan nasi. Nasi memang memberikan efek kenyang karena memiliki kandungan karbohidrat. Namun, sebenarnya kita juga tidak harus menggantungkan makanan pokok kita pada nasi karena ternyata ada banyak bahan makanan yang kaya karbohidrat lainnya yang bisa kita dapatkan seperti sebagai berikut.

doktersehat-jagung

Nasi yang dikonsumsi kebanyakan masyarakat Indonesia adalah nasi putih. Selain nasi putih, terdapat jenis varian nasi merah yang ternyata juga menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik bagi asupan seimbang harian. Nasi merah sendiri ternyata dikenal lebih sehat jika dibandingkan dengan nasi putih. Jika kita sering mengkonsumsi nasi merah, maka nasi ini akan cenderung lebih lama untuk dicerna sehingga kadar gula darah di dalam tubuh akan lebih dikendalikan dan tidak mudah naik. Kandungan serat yang tinggi pada nasi merah juga cenderung akan membuat kita mudah terasa kenyang.

Pengganti nasi yang baik lainnya adalah jagung. Selain kaya kandungan karbohidrat, beberapa kandungan lain layaknya vitamin B, antioksidan, hingga mineral juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Rasa jagung yang manis akan sangat manis jika dimakan dalam bentuk dikukus direbus, atau bahkan dijadikan sup. Selain jagung, gandum juga akan menjadi pengganti karbohidrat yang sangat baik. Gandum juga kaya kandungan sehat lainnya layaknya protein dan serat serta cenderung rendah lemak. Jika kita tidak ingin mengkonsumsi roti gandum yang cenderung keras, kita bisa memberikan selai kacang yang sehat bagi pencernaan tubuh.

Kentang juga termasuk dalam pengganti nasi yang sangat baik dan mengenyangkan. Hanya saja, pastikan bahwa kita mengkonsumsi kentang dengan cara yang benar untuk mendapatkan kandungan gizi terbaik bagi tubuh. Kentang goreng sangatlah tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi, namun, jika kita mengukus atau merebus kentang, maka kita akan mendapatkan makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari.