Selain Membuka Gadget, Jangan Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang melakukan aktifitas seperti menonton televisi atau bermain gadget sebelum tidur. Padahal, paparan cahaya biru dari gadget seperti laptop, smartphone, atau televisi bisa membuat tubuh tidak mampu memproduksi hormon yang bisa membuat kita mengantuk dengan cepat. Hal ini tentu akan membuat kita tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kurang tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan

doktersehat-main-handphone-tidur-malam

Selain membuka gadget, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melakukan hal ini sebelum tidur karena bisa menurunkan kualitas tidur kita dengan signifikan.

Membaca buku thriller
Membaca buku memang sangat baik untuk dilakukan sebelum tidur karena bisa membuat kita mengantuk dan ingin segera tidur. Namun, ada baiknya kita tidak membaca buku bertema thriller atau horror karena bisa membuat aktifitas otak atau detak jantung meningkat. Tak hanya membuat kita susah tidur, bisa jadi kita malah mengalami mimpi buruk.

Membaca email
Semendesak apapun email kita, jangan sekali-kali membaca email karena hal ini bisa membuat kita stress dan sulit tidur. Selain itu, hindari perdebatan sebelum tidur, apalagi jika kita tidak bisa menemukan solusi akan perdebatan tersebut.

Makan
Tak hanya bisa membuat kenaikan berat badan, makan sebelum tidur juga bisa membuat asam lambung naik dan akhirnya membuat kita sulit untuk tidur.

Mengkonsumsi minuman berkafein
Kopi atau teh memang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Sayangnya, mengkonsumsinya sebelum tidur membuat kita tak kunjung mengantuk dan menurunkan kualitas tidur kita.

Mengkonsumsi minuman beralkohol
Minuman beralkohol bisa memicu peningkatan gelombang otak yang membuat kita tidak bisa tidur nyenyak atau bahkan mengalami mimpi buruk.