Selain Membuat Suhu Dingin, Ini Alasan Mengapa Banyak Orang yang Tidak Bisa Tidur Tanpa Kipas Angin

DokterSehat.Com– Setiap orang memang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Ada yang harus tidur dengan memakai selimut, ada orang yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap, atau bahkan ada orang yang tidak bisa tidur jika tidak ada hembusan kipas angin atau AC. Cukup banyak orang yang mengaku tidak bisa tidur tanpa adanya kipas angin. Apa alasan dari hal ini?

doktersehat-kamar-tidur-kipas-angin

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa alasan pertama mengapa banyak orang tidak bisa tidur tanpa adanya kipas angin adalah kondisi cuaca yang panas. Tubuh yang gerah dan berkeringat memang akan terasa tidak nyaman sehingga akan membuat kita sulit untuk terlelap. Namun, ternyata ada alasan lain mengapa cukup banyak orang yang tidak bisa tidur tanpa kipas. Alasan tersebut adalah suara mesin dan putaran baling kipas angin.

Pakar kesehatan Kelsey Allan menyebutkan bahwa suara kipas termasuk dalam white noise yang mencakup semua frekuensi suara dalam pendengaran. Selain kipas angin, suara ini juga bisa didapatkan dari bunyi suara hujan hingga jangkrik yang memang bisa menenangkan pikiran.

American Psychological Association menyebutkan bahwa suara kipas angin akan mempengaruhi sleep spindle yang ada dalam otak. Adanya sleep spindle ini membuat kita tidak mendengarkan berbagai kebisingan yang bisa membuat kita terbangun atau terganggu kualitas tidurnya. Sebagai informasi, sleep spindle ini kerap muncul saat kita memasuki fase REM (rapid eye movement) saat tidur, fase yang cukup dala.

Kevin Gaffney yang merupakan neurology dan ahli tidur yang berasal dari Mischer Meuroscience Center dan Memorial Hermann The Woodlands Medical Center menyebutkan bahwa suhu dingin memang memiliki peran besar dalam membuat seseorang tidur dengan nyenyak. Jika kita tidak mampu menurunkan suhu tubuh 1 atau 2 derajat dari suhu normal tubuh yang berkisar 36,5 derajat Celcius, maka kita pun akan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Beruntung, adanya kipas angin bisa membantu kita untuk mendapatkan penurunan suhu tubuh tersebut.