Selain Kumis Kucing, Daun Ini Juga Bermanfaat Untuk Ginjal

Infeksi-Ginjal-Pyelonefritis-doktersehat

DokterSehat.Com– Daun kumis kucing terbukti memiliki kandungan zat yang bermanfaat secara klinis untuk melancarkan fungsi perkemihan dan menjaga fungsi ginjal. Daun kumis kucing umumnya kita tanam sebagai tanaman obat. Ternyata selain daun-daunan dari tanaman obat ada jenis daun lain yang juga sama-sama dapat kita manfaatkan untuk menjaga fungsi perkemihan yaitu daun dari tanaman labu siam.

Labu siam umumnya kita kenal sebagai tanaman sayur yang sering kita gunakan buahnya untuk diolah menjadi berbagai masakan. Daun labu siam ternyata memiliki banyak manfaat sehingga daunnya mulai banyak dlihat potensinya sebagai bagian dari pengobatan. Daun labu siam memiliki kandungan zat saponin, steroid, tanin, dan flavonoid. Kandungan tersebut disebut mampu memiliki fungsi anti-bakteri sehingga semakin menguatkan potensi daun labu siam dalam fungsinya sebagai tanaman obat.

Selain itu daun labu siam dipercaya memiliki fungsi untuk meningkatkan zat besi pada kondisi anemia. Suatu penelitian yang dilakukan di Meksiko menujukkan bahwa penggunaan daun labu siam berguna pada kasus kekurangan darah. Suatu penelitian yang dilakukan di Universitas Syuiah Kuala menunjukkan bahwa pemberian infus daun labu siam memiliki manfaat dalam menambah hemoglobin darah.

Menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis daun labu siam dapat dimanfaatkan untuk melancarkan buang air kecil. Hal ini disebabkan adanya kandungan alkaloid pada daun labu siam yang menyebabkan daun labu siam memiliki sifat diuretik sehingga mampu meningkatkan laju buar air kecil. Dalam buku “230 Jus Pengendali Penyakit” daun labu siam dapat dicampur dengan bahan makanan lain untuk mendapatkan manfaat lain yang baik untuk ginjal.

Caranya adalah dengan membuat jus yang dibuat melalui campuran daun labu siam dengan air kelapa muda dan anggur. Jus ini dibuat dengan mencampurkan air labu siam yang telah di jus dengan air kelapa muda dan buah anggur. Ketiga bahan makanan tersebut merupakan bahan makanan yang baik untuk menjaga fungsi ginjal.

Selain kaya manfaat dengan adanya kandungan antioksidan dan zat besi, labu siam juga baik untuk fungsi perkemihan tubuh kita. Jadi sekarang baik buah ataupun daun labu siam sama-saa dapat kita manfaatkan ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik