Selain Ketombe, Ini Penyebab Kita Sering Menggaruk Kepala

DokterSehat.Com– Kepala terasa gatal sehingga membuat kita kerap menggaruknya? Kebanyakan orang akan langsung mengaitkan hal ini dengan  ketombe. Sebagaimana kita ketahui, ketombe memang bisa membuat kulit kepala terasa gatal-gatal dan mengelupas sehingga terlihat jorok. Hanya saja, menurut pakar kesehatan dr. Jessy Hermawan yang berasal dari Dermaster Korean Beauty Clinic, gatal-gatal pada kulit kepala ternyata tidak selalu disebabkan oleh ketombe. Ada berbagai penyebab lainnya seperti berikut ini.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Penyebab pertama dari kulit kepala atau rambut yang gatal adalah adanya kotoran yang menumpuk yang disebabkan oleh aktifitas tertentu atau karena jarang berkeramas. Tak hanya itu, produksi minyak dan keringat pada kulit kepala juga bisa memicu rasa gatal-gatal ini. Biasanya, keringat atau minyak alami yang kemudian terpapar suhu udara yang panas bisa menyebabkan sensasi gatal ini.

Penyebab kulit kepala atau rambut yang gatal yang jarang diketahui orang adalah jamur. Tanpa kita sadari, jamur ternyata bisa muncul di kulit kepala, khususnya jika kita malas menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala atau karena faktor kelembaban udara dan kurangnya paparan sinar matahari.

Jika kita tidak ingin mendapatkan masalah gatal-gatal pada kulit kepala, dr. Jessy menyarankan kita untuk rutin berkeramas dan mulai menggunakan kondisioner setelahnya. Selain itu, ada baiknya kita menggunakan air hangat yang bisa memberikan efek buruk berupa hilangnya kandungan minyak alami pada kulit kepala yang bisa memicu msalah kulit kering atau sensitif.