Selain High Heels, Sepatu Model Ini Juga Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – High heels atau sepatu dengan hak tinggi sudah dikenal luas sebagai alas kaki yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Meskipun begitu, masih banyak wanita yang memakainya karena menganggap sepatu ini bisa membuat kaki menjadi lebih jenjang sehingga mendukung penampilan. Padahal, sepatu yang membuat tumit menjadi lebih tinggi ini bisa membuat peredaran darah tidak lancar dan akhirnya memicu berbagai masalah kesehatan.



Selain high heels, pakar kesehatan ternyata juga menyarankan kita untuk mewaspadai model sepatu lainnya, yakni sepatu flat atau flat shoes. Sepatu ini memang terlihat lebih nyaman untuk dilakukan dan tidak mudah membuat lelah seperti yang dirasakan andai memakai high heels mengingat bagian belakangnya tidak memiliki hak. Hanya saja, dibalik rasa nyaman yang ditawarkan oleh sepatu flat ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa desainnya juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya, tidak semua sepatu flat berbahaya bagi kesehatan, hanya saja, ada beberapa flat shoes yang memang dibuat dengan desain dan bahan yang kurang baik bagi kesehatan kaki kita. Pakar kesehatan ortopedi sendiri sangatlah tidak merekomendasikan penggunaan flat shoes setiap hari mengingat sol sepatu ini bisa saja terlalu tipis dan tidak terbuat dengan bahan yang bagus. Alhasil, saat kita melangkah atau beraktifitas, bagian telapak kaki akan mengalami tekanan berlebihan yang memicu munculnya rasa sakit.

Berjalan dengan flat shoes yang tidak berkualitas membuat beban yang ada pada pembuluh darah, persendian, tendon, dan otot-otot kaki naik hingga 3 kali lipat. Alhasil, kita akan lebih beresiko terkena kram, nyeri otot, hingga sakit punggung.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam memilih flat shoes. Periksalah bagian sol dari sepatu ini terlebih dahulu dan pastikan bahwa sol sepatu ini cukup kuat, lentur, dan tidak terlalu tipis sehingga tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan kita.