Selain Dehidrasi, Ini 3 Dampak Lain Akibat Kurang Minum Air Putih

doktersehat-minum-air-botol

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang menyepelekan masalah kurang minum air putih. Jika tidak benar-benar merasa haus, kita bahkan bisa lupa untuk minum karena terlalu sibuk.

Padahal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk minum setidaknya dua liter air putih dalam sehari. Berikut adalah dampak yang akan dirasakan tubuh jika kita masih terbiasa kurang minum.

1.Dehidrasi
Dikutip dari UC News, hal pertama yang akan kita rasakan jika kurang minum air putih adalah dehidrasi. Tak hanya membuat kita haus dan mulut yang terasa kering, dehidrasi akan membuat kita merasa lelah, susah berkonsentrasi, hingga perubahan warna air seni menjadi kuning gelap.

2. Mengganggu persendian
Jika tubuh sampai kekurangan asupan air putih, maka hal ini akan mengganggu otot dan persendian tubuh. Air yang kita minum sangat penting untuk membuat persendian bisa bergerak dengan lancar.

Jika kita kurang minum, maka persendian akan terasa lebih kaku. Selain itu, air juga memiliki peran besar dalam kelancaran aliran darah dan oksigen menuju otot dan otak.

3. Menurunkan sistem kekebalan tubuh
Jika kita sampai kurang minum, maka cairan yang dikeluarkan dalam bentuk urine tidak akan sebanyak biasanya. Meski terlihat sepele, hal ini ternyata berpengaruh besar pada seberapa banyak racun atau limbah yang dikeluarkan oleh tubuh.

Padahal, jika sampai racun dan limbah ini tidak benar-benar dibuang dengan baik, maka sistem kekebalan tubuh akan terganggu dan kita pun akan lebih mudah jatuh sakit.

4. Sembelit
Air yang kita minum ternyata berpengaruh besar pada proses penyerapan makanan dan pembentukan kotoran di dalam usus. Selain itu, kurang minum juga akan membuat usus tidak mampu berkontraksi dengan baik sehingga bisa menyebabkan masalah sembelit atau susah buang air besar. Jika hal ini kerap terjadi, risiko terkena wasir dan pendarahan rektum pun meningkat.

Nah, coba diingat-ingat, Sobat Sehat sudah minum berapa gelas air putih hari ini?