Selai Kacang Ternyata Bisa Membuat Kita Menahan Lapar Selama 12 Jam

DokterSehat.Com – Melakukan program diet dengan tujuan menurunkan berat badan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak, menahan hasrat untuk mengkonsumsi banyak makanan atau camilan tentu bisa saja membuat kita merasa lapar. Banyak orang yang akhirnya menyerah dengan adanya rasa lapar ini dan akhirnya gagal melakukan program diet. Beruntung, sebuah penelitian terbaru memberikan kita rekomendasi cara untuk menahan lapar dengan lebih baik. Seperti apakah cara tersebut?

doktersehat-kacang-selai

Penelitian yang dilakukan oleh tim kesehatan dari Purdue University dan the Federal University of Vicosa yang berada di Brasil dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul British Journal of Nutrition menyarankan kita untuk menambahkan selai kacang pada makanan yang kita konsumsi saat sarapan. Dengan melakukannya, maka kita akan bisa menahan rasa lapar selama 12 jam sehingga tidak akan tergoda untuk mengkonsumsi camilan atau mengkonsumsi makan siang secara berlebihan.

Terdapat 15 wanita yang terkena obesitas yang dilibatkan dalam penelitian ini. Para wanita ini masing-masing diberikan paket makan pagi yang berbeda. Sebagai contoh, ada wanita yang diberi paket sarapan berupa 1,5 ons kacang tanah, sereal gandum, dan jus jeruk. Ada pula wanita yang diberi paket sarapan berupa seral gandum, 3 sendok makan kacang tanah, dan jus jeruk. Selain itu, ada pula wanita yang hanya mengkonsumsi sereal gandum dan jus jeruk saja.

Para wanita yang mengkonsumsi kacang atau selai kacang di pagi hari mengaku jika mereka merasa kenyang lebih lama, yakni hingga 8-12 jam setelah sarapan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kacang dalam menaikkan kadar hormon peptida YY pada tubuh yang bisa membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  Menurut Pakar Kesehatan, Ini Waktu Terbaik Untuk Makan

Meskipun bisa membantu kita menjalankan program diet, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan selai kacang paling banyak 2 sendok makan setiap sajian. Selain itu, ada baiknya kita memberikan selai kacang pada roti gandum yang rendah kalori namun kaya nutrisi jika ingin mengendalikan berat badan dengan lebih baik.