Seks Tiap Hari Perbesar Peluang Kehamilan?

DokterSehat.Com– Mendapatkan buah cinta setelah menjalani biduk rumah tangga pastilah menjadi impian tiap pasangan. Berbagai cara dilakukan agar segera mendapatkan keturunan. Aktivitas seksual pun makin kerap dilakukan demi memperbesar peluang kehamilan.

doktersehat-pasangan-seks

Pada dasarnya kehamilan akan terjadi bila sperma bertemu dengan ovum. Namun, studi terbaru menemukan peluang sel sperma untuk membuahi sel telur memang sangat kecil. Hal ini disebabkan wanita tidak berovulasi setiap hari. Sel telur yang keluar dari indung telur pada masa subur wanita hanya terjadi 4-5 hari saja.

Itulah alasan mengapa hubungan seks sebaiknya dilakukan pada satu hari sebelum atau hari pertama masa subur. Pada masa ini banyak pasangan yang lebih sering melakukan hubungan seks.

Walaupun demikian, melakukan hubungan seks pada masa subur belum tentu bisa membuat istri Anda hamil. Hal ini dikarenakan sulitnya memprediksi jam biologis tubuh. Walaupun siklus mentruasi teratur, namun ovulasi bisa saja terjadi kapan saja selama siklus tersebut.

Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa ejakulasi yang terlalu sering juga bisa menurunkan jumlah sperma.

Aktivitas seks yang dilakukan setiap hari oleh pria yang memliki jumlah sperma yang normal dapat lebih meningkatkan peluang kehamilan. Namun, apabila tidak memungkinkan untuk melakukan hubungan seks tiap hari, Anda bisa melakukannya 2-3 kali seminggu secara teratur.