Seks Saat Sakit Bolehkah?

DokterSehat.Com – Musim hujan sudah datang, penyakit pilek dan batuk mulai banyak mendera masyarakat. Bagi pasangan yang sudah menikah seringkali muncul pertanyaan boleh tidak ya melakukan hubungan seksual saat sakit? Apakah akan menularkan virus dari pasangan yang sakit ke sehat?

10

Sebenarnya, yang menyebabkan perpindahan virus flu bukan lewat air mani atau cairan lubrikasi perempuan. Namun, virus biasanya bisa berpindah saat sedang membelai wajah dan berciuman dengan pasangan Anda terang profesor biokimia dari University of Wisconsin Ann C. Palmenberg, Ph.D.

Walaupun pasangan yang telah sakit sudah membersihkan tangan dengan cairan pembersih antibakter hal tersebut tak akan membantu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam junral Clinical Infectious Diseases, peneliti menemukan bukti bahwa meskipun orang yang sakit batuk sudah membersihkan tangan dengan sanitizer namun rhinovirus, virus penyebab batuk tak bisa dimusnahkan seperti dilansir laman Men’s Health pada Selasa (2/12/2014).

Bahkan virus penyebab flu dan pilek bisa jadi menular hanya dengan bersin dan batuk di dekat pasangan. Udara akan membawa partikel virus ke tubuh pasangan Anda.