Seks Saat Hamil Ternyata Banyak Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com – Melakukan hubungan intim atau seks bagi pasangan suami istri merupakan suatu hal yang halal dan wajib dilakukan. Namun, akan sedikit berbeda jika seorang istri sedang dalam keadaan hamil. Sebagian orang pasti akan mengkhawatirkan kesehatan dan keselamatan janin atau bayi yang sedang dalam kandungan apabila melakukan hubungan seks dengan suami.



Melakukan hubungan suami istri atau seks saat hamil dapat membahayakan kesehatan janin tidak sepenuhnya benar, meskipun seorang istri dalam keadaan sedang hamil bukan berarti pasangan suami istri berhenti untuk melakukan hubungan seks.

Yang penting Anda ketahui adalah bahwa ada manfaat seks saat hamil bagi kesehatan dan bahkan cukup disarankan pasangan suami istri untuk melakukannya karena dapat mengatasi mual dan muntah yang dialami saat hamil, kaki bengkak, hingga mengatasi perasaan mudah kesal ataupun mudah marah.

Sebenarnya hubungan seks antara suami dan istri pada saat isrti dalam keadaan hamil memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil dan janinnya, seperti dibawah ini adalah manfaat seks saat hamil :

  • Seks saat hamil dapat menghilangkan stress
    Seiring dengan perkembangan janin yang ada dalam perut, tubuh akan merasa kurang nyaman. Umumnya, bagi wanita yang sedang hamil akan sering merasa pusing dan stress. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stress pada masa hamil adalah dengan melakukan hubungan seks. Hubungan seks dapat membantu melepaskan ketegangan fisik maupun mental yang ditimbulkan karena kehamilan.
  • Seks saat hamil dapat membantu membakar lemak
    Hubungan seks diketahui dapat meningkatkan pembakaran lemak, termasuk pada saat sedang hamil. Maka dengan melakukan hubungan seks diharapkan berat badan saat hamil tidak naik secara berlebihan.
  • Seks saat hamil dapat membuat kulit halus
    Selain memproduksi erdofin, melakukan hubungan seks saat hamil juga dapat meningkatkan produksi hormon estrogen. Dimana, selain melakukan hubungan seks itu menyenangkan ternyata juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus.
  • Seks saat hamil sebagai analgesik
    Pada saat melakukan hubungan seks dengan pasangan, maka tubuh akan memproduksi hormon bahagia, yaitu hormon erdorfin. Hormon erdorfin ini dapat mengurangi rasa nyeri atau dapat berfungsi sebagai analgesik.
  • Seks saat hamil dapat meningkatkan sirkulasi darah
    Hubungan seks dapat memicu produksi adrenalin dan juga dapat meningkatkan denyut jantung, sehingga hubungan seks dapat meningkatkan sirkulasi darah dan suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk janin menjadi lebih lancar.
  • Seks saat hamil dapat meningkatkan keintiman
    Hubungan seks tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan biologis saja, tetapi juga dapat meningkatkan keintiman pasangan. Pada saat istri sedang hamil mungkin kemesraan akan sedikit berkurang karena suami akan lebih cenderung memperhatikan kehamilannya. Dengan melakukan hubungan seks maka hubungan antara suami dan istri dapat kembali mesra seperti sebelumnya.