Seks Saat Haid Membahayakan Pria dan Wanita

DokterSehat.com – Seks menjadi aktivitas yang paling menyenangkan bagi banyak orang. Tak hanya nikmat, seks juga menyehatkan tubuh. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa melakukan hubungan seks sesuka hati. Ada juga waktu terlarang dalam berhubungan seks, seperti saat pasangan sedang menstruasi.



Menurut pakar seks dan terapis, Laura Berman, PhD, melakukan hubungan seks saat sedang haid bisa merugikan kesehatan baik pria maupun wanita. Berikut ini beberapa risiko yang dapat dialami kedua pasangan jika melakukan seks saat haid:

Penyakit menular seksual

Saat sedang haid, leher rahim akan terbuka sehingga mempermudah masuknya kuman dan bakteri bahkan bisa menyebar sampai ke rongga panggul. Bila hubungan seks dilakukan saat haid maka wanita juga berisiko tertutar hepatitis dan HIV.

Infeksi

Normalnya, dinding vagina akan membengkak atau inflamasi saat mentruasi. Saat terjadi inflamasi, lapisan dinding rahim akan luruh bersamaan keluarnya darah haid. Darah inilah akan berpotendi menjadi media pengenbangan bakteri dan kuman yang bisa mengakibatkan infeksi saluaran kencing, sperma dan prostat pada pria.

Endometriosis

Berhubungan seks saat haid bisa menyebabkan aliran balik darah haid dari rahim ke saluran indung telur dan masuk ke dinding perut. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya endometriosis, yakni pertumbuhan sel-sel di luar dinding rahim (endometrium). Selain itu, pria maupun wanita makin berisiko mengalami infeksi.

Sudden Death

Gerakan penis saat berhubungan seks di masa haid juga dapat menyebabkan gelembung udara ke pembuluh darah yang terbuka. Bila gelembung udara atau emboli masuk ke dalam pembuluh darah maka bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan mengakibatkan kematian mendadak.