informasi kesehatan


Seks saat Haid, Bisakah Hamil?

Seks saat Haid, Bisakah Hamil?

Doktersehat.com – Anggapan bahwa melakukan hubungan seks saat haid tidak dapat menyebabkan kehamilan tidaklah benar. Seorang wanita tetap bisa hamil meski bercinta saat haid.

Jika seseorang memiliki siklus pendek seperti 21 hari dan haid berlangsung seminggu. Maka seseorang yang berhubungan seks mendekati akhir menstruasi maka ada kemungkinan bisa hamil, karena sperma dapat hidup hingga 72 jam di dalam saluran reproduksi.

Beberapa wanita diketahui memiliki jangka waktu yang tumpang tindih antara jadwal haid dengan awal ovulasi (masa subur). Hal ini berarti seseorang bisa berada pada masa subur meski sedang haid. Sebagian besar perempuan memiliki masa haid selama 2-8 hari dan siklusnya berlangsung setiap 26-34 hari. Namun ovulasi atau masa subur (saat sel telur dilepaskan oleh ovarium) biasanya terjadi pada pertengahan siklus yang membuat seseorang sangat mungkin untuk hamil. Sel telur yang sudah dilepaskan selama proses ovulasi ini akan bertahan sekitar 24 jam. Jika tidak dibuahi oleh sperma pada saat itu, sel telur ini tidak akan bertahan dan keluar bersama dengan darah haid.

Jika seseorang melakukan hubungan seks tanpa pengaman seperti kondom saat haid maka ada kemungkinan hamil. Perhatikan gejala yang muncul seperti kram perut ringan, bercak atau spotting yang merupakan penyebab umum dari pendarahan setelah sel telur dibuahi, nyeri payudara dan murung. Gejala ini bisa terjadi 2 minggu setelah ovulasi.

Selain itu ada pula gejala hamil lain yang bisa muncul dan perlu diperhatikan setelah usia kehamilan mencapai 6-7 minggu termasuk mual, muntah dan kelelahan yang parah.

Dr. Andri Wanananda menuturkan hubungan seksual saat mensruasi sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini karena saat haid terjadi pelepasan lapisan dalam dinding rahim, proses ini disertai keluarnya 35 ml darah dan 35 ml cairan serosa. Hal ini menunjukkan adanya pembuluh darah yang terbuka, sementara itu gerakan penis ketika penetrasi ke vagina bisa memicu masuknya gelembung udara ke pembuluh darah yang terbuka itu. Kondisi yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya emboli, yaitu gelmbung udara yang masuk dan terbawa aliran darah. Bila gelembung ini menyumbat pembuluh darah sekitar jantung maka bisa berakibat fatal.

Selain itu, pada dua hari pertama saat menstruasi, kram perut kerap terjadi. Bercinta saat haid dapat sangat menyakitkan. Hal ini karena sistem reproduksi sedang lemah. Pecahnya hemoglobin menyebabkan kram. Cobalah melakukan penetrasi dengan perlahan bila Anda melakukan pada dua hari pertama haid. Namun bila tetap menyakitkan, hindari seks seutuhnya. Rilaks dan tunggulah hingga empat hari ke depan.

Dari berbagai sumber

pf button both Seks saat Haid, Bisakah Hamil?
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

141 Responses to “Seks saat Haid, Bisakah Hamil?”

  1. Rey says:

    Selamat siang dok.

    Saya pasangan baru, berhubungan pertama kali saat pasangan saya selesai haid di hari ke 3, 1 bulan berjalan ada gejala tanda-tanda hamil dan sudah telat haid 11 hari. tapi saat hitungan telat 14hari pasangan sayang haid (apa itu haid atau keguguran) karena kata pasangan saya normalnya dia haid 7 hari dan kali ini lebih dari 12 hari. apa ini keguguran, apa harus ke dokter buat melakukan kurek.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah sebelumnya Sudah dilakukan tes kehamilan? Kami sarankan sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan langsung, sulit bagi kami untuk menentukan apakah penyebabnya tanpa pemeriksaan langsung. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Ahmad Rifai says:

    Selamat Malam Dok. minggu lalu saya melakukan hubungan suami istri dengan pasangan saya saat istri saya haid, dan kemarin saya liat warna sperma saya jadi warna kekuningan, apa ini karna hubungan disaat haid, dan apa ini parah?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Hubungan sex saat haid bisa menyebabkan infeksi, untuk kasus anda sebaiknya periksakan dulu ke dokter spesialis kulit Dan kelamin. Semoga lekas sembuh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. gerry says:

    dok maaf tanya..saya mlakukan hub sex dg pasangan saya 3 hari setelah dia mulai haid.saya mengeluarkan cairan sperma saya di dalam vagina nya dok.yang saya keluarkan d dalam itu adalah ejakulasi saya yg ke 6 dan sangat sedikit sekali keluarnya.apakah itu bisa nenyebabkan kehamilan juga dok??seberapa besar kemungkinannya??

    terimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Seperti Yg telah disebutkan pada artikel diatasi kehamilan bisa saja terjadi. Mengenai persentasenyansulit untuk dikatakan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. bunda putri says:

    Ass..dok,sya mau tanya. Bulan kemarin saya haid 2x,padahal sebelumy tidak pernah seperti itu.seminggu setelah haid saya haid lgi selama 1mgu juga. Apakah bahaya dok?
    Dan setelah selesai haid sminggu kemudian sya berhubungan intim dan keluar pendarahan lagi slama berhub. Apakah sya terkwna penyakit dok? Dan apakah sperma yg d keluarkan suami sya bs tejadi pembuahan setelah bercampur dengan darah yg keluar dr vagina saya dok? Sementara sya menggunakan pil kb ttapi tdak rutin meminumnya,hanya pada saat berhub saja.setelah itu tidak meminumnya lagi.
    Terima kasih,tlong dbalas.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat siang,
      Salam sehat,

      Apa jenis/ isi pil kb yang ibu gunakan? sudah berapa lama penggunaan pil kb yang tidak rutin tersebut ibu gunakan? Apakah pil kb emergency atau pil kb bulanan biasa yang ibu gunakan namun tidak teratur? Berapa banyak darah yang dikeluarkan per kali menstruasi? Apakah terdapat gejala nyeri ketika menstruasi/ gejala lainnya?
      Perdarahan yang ibu alami ini dikenal dengan istilah hipermenorhea. Ini bisa disebabkan karena gangguan hormonal akibat pemakaian pil kb jenis tertentu, namun dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

      Untuk kemungkinan hamil ibu,dll akan kita bahas setelah jenis pil kb yang ibu gunakan telah kita ketahui.

      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Agus Nha says:

    maaf dok sebelumnya saya mau tnya pada saat istri sya haid sya brhungan intim itupun terahir kali sya brhungan intim udah dua bulan dri sekarang tp kok istri sya bru hamil 21hari. mhon penjelasan dri dokter.apa mungkin itu trjadi kalau memang saat s berhubungan intim istri sya haid itu jdi hamil harusnya istri sya sudah hamil 1bulan lebih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bisa dijelaskan tanggal berapa hari pertama mens terakhirnya? Usia kehamilan 21 hari dinyatakan Oleh Siapa? Bila mens terlambat di bulan berikutnya, menandakan kehamilan Sudah 1 bulan, Yg menjadi Patokan ialah HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Misal, mens mulai 1 sept-7 sept. Bulan October tidak mens, seharusnya tgl 1 okt Sudah mens. Berarti usia kandungan di hitung mulai tgl 1 sept. (1bulan).
      Untuk Lebih jelas, sebaiknya anda periksakan langsung ke dokter kandungan. Trima

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. icha says:

    Halo dokter vanny bernadus .. senang sekali membaca website dokter.. saya jd tertarik untuk ikutan komentar, karena melihat dokter begitu ramah sekali menjawab seluruh pertanyaan yg masuk dan tidak luput satu pun yg tidak dibalas.. dan semuanya saya baca komen2 nya..

    Dokter saya mau tanya.. saya sudah menikah 1 tahun.. saya masih menunda karena saya termasuk pasangan yang LDR (long distance Relationship) .. terkadang saya sangat beban mendengar perbincangan orang dgn mitos2 kalau menunda nanti bakalan susah punya anak. Apakah memang kebanyakan yang terjadi seperti itu ya dok? Saya sdh cek USG kata dokter Rahim saya sehat.

    Yg kedua.. seminggu lalu tanggal 7 november saya melakukan hubungan badan dgn suami saya dan melepas sperma didalam vagina, saat itu saya masih di saat masa haid di hari ke 5 , mmg stiap bulannya disaat siklus hari ke 5 6 7 darah saya tidak keluar.. namun selalu di hari ke 8 dan 9 darah terakhir yang kadang merah segar atau kecoklatan pasti keluar.. setelah saya memahami artikel dokter, saya paham ada kemungkinan kecil saya bisa hamil.. di tanggal 16 november(seminggu setelah hub*) ini saya mengalami keputihan putih bersih menggumpal dan tidak bau.. yg saya takutkan apabila mmg hamil nanti misalnya janin berkembang, apakah janinnya akan tetap baik? Bukankah sperma dibuahi pada saat darah kotor masih keluar sedikit? Untuk efek kedepannya apakah calon bayi akan sehat atau akan terkena efek jangka panjang akibat kondisi rahim di awal berkembangnya janin itu msh kotor?

    Terimakasih dokter maaf jadi curhat.. terimakasih banyak :D

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Dear Icha,
      Bila memang kondisi anda Yg belum memungkinkan untuk memiliki momongan Karena hubungan jarak jauh, Dan bila menurun anda Dan Suami Yg terbaik ialah menunda kehamilan, maka tidak Akan Ada masalah. Memang banyak sekali mitos Yg beredar di kalangan masyarakat Yg tidak bisa dihentikan. Namun bila anda saat Ini menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti KB Suntikan atau pil KB, perlu diperhatikan, Karena bila Kelak anda ingin memiliki momongan, pada beberapa orang bisa saja langsung Hamil, namun Ada juga Yg lama Karena disini faktor hormonal Yg berperan Dan pada masing2 orang berbeda2. Bila and stick menggunakan alat kontrasepsi apa pun, Selama kondisi saluran reproduksi anda Dan Suami sehat, maka kehamilan tetap bisa terjadi.

      Keputihan Yg tidak berwarna, tidak berbau Dan tidak gatal ialah normal. Dan Akan Hilang dengan sendirinya. Bila keputihan Ini berlanjut terus Dan memang anda positif Hamil, disarankan untuk memeriksakan ke dokter kandungan. Namun pada beberapa kasus, sering terjadi pengeluaran lendir/discharge Yg menyerupai keputihan Selama kehamilan. Hal in disebabkan Oleh perubahan floral normal daerah kewanitaan pada wanita Hamil, dimana kondisi daerah vagina menjadi Lebih lembab. Selama masih dalam kontrol dokter kandungan, anda tidak perlu khawatir.

      Semoga bermanfaat. Trims :)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Inna says:

    Salam dok, saya wanita berusia 26 tahun, bulan Oktober pada waktu saya datang bulan saya melakukan hubungan seks dengan suami saya, saya datang bulan tanggal 10 Oktober dan tanggal 13 kami melakukan hubungan seks, dan darah saya keluar sampailah tanggal 23, dan sampai sekarang saya belum datang haid lagi dok, saya sudah cek tapi hasilnya negative, apakah ini ada hubungannya dengan waktu saya melakukan seks pada waktu haid itu dok, mohon balasan. Terima kasih dan salam Hormat,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gangguan haid bisa disebabkan Karena stress, hormon, diet, alat komtrasepsi, obat, berat badan Yg berubah drastis.
      Dan sebaiknya jangan melakukan hubungan sex saat sedang haid Karena bisa menyebabkan infeksi Dan Yg paling bahaya ialah emboli dimana bisa menyebabkan kematian.
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. confius says:

    hi doctor.. sy mahu bertanya. pada hari ke 5 menstruasi sy sudah melakukan hubungan dgn pasangan.. kami tidak menggunakan apa2 alat. spermanya terus masuk ke dalam. adakah kemungkinan untuk sy hamil akan terjadi? kitaran haid sy tidak berapa teratur. sebagai contoh, pd september saya kena pd 21hb, bln berikutnya pada 20hb october, bln berikutnya 13 nov..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Hubungan sex saat haid tetap bisa menyebabkan kehamilan seperti Yg disebutkan dalam artikel diatas, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. putri says:

    dok saya mau bertanya …
    pada waktu saya datang bulan ke 2 ,, suami saya mengajak saya melakukan hubungan intim.. dan apakah bahaya dok jika kita berhubungan di saat halangan.. trimakasi

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sebaiknya jangan melakukan hubungan sex saat mens, Karena bisa menyebabkan infeksi Dan Yg paling bahaya ialah emboli Yg bisa berakibat kematian, untuk Lebih jelasnya anda bisa baca artikel diatas. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. andry says:

    siang dok,, dok sya mu tanya tadi pagi saya melakukan hubungan sex sma pasangan saya disaat hari ke6 dia haid dan sya mengeluarkan sperma saya didalam vaginanya dan warna sperma sya pun berubah jadi kecoklatan,,stelah itu sya coba utuk mengeluarkan sperma yang ada di dalam vaginanya dan smua nya berwrna kecoklatan,,nah yang jadi prtanyaan apakah bisa menyebabkan khamilan dengan sperma yang preti itu..??

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • andry says:

      tpi tadi sore istri saya msih kluar darah katanya tpi dikit warna kcoklatan… apakah itu pertanda..???
      tpi pas malam nya ktanya udh selesai gak mens lagi soalnya tadi th hari trakhir haid ktanya..???
      apakah hari itu bisa di bilang masa subur buat istri saya..???

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan warna coklat berasal Dari darah mens Yg belum bersih/belum berhenti sepenuhnya. Untuk masa subur, anda bisa hitung dengan kalkulator ovulasi di website Ini.trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. dante says:

    malam, dok
    saya mau tanya, hampir 2 minggu yg lalu saya berhubungan dengan istri saya (waktu itu adalah hari ke 3 dia haid)
    besoknya istri saya berhenti haid, sedangkan saya melakukan ejakulasi di luar
    apakah itu pertanda kehamilan?
    apakah kalau dgn test pack hasilnya bisa akurat?
    terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dante says:

      oh iya, biasanya istri saya haid 5-8 hari

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Haid normal ialah 3-7 hari. Untuk kasus anda, mens Yg tiba2 berhenti bukan menandakan Isteri anda langsung Hamil, Karena proses kehamilan bukanlah begitu singkat. Kehamilan baru bisa diketahui pada mens bulan berikutnya, bila memang telat mens, Ada kemungkinan Hamil,
      Tes dengan tes pack bisa akurat, Lakukan tes dengan tes pack pada pagi hari dimana hormon kehamilan kadar ya Lebih tinggi pada pagi hari.
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. dini says:

    Dok sya mau tanya, ketika sya berhubungan dengan suami saya, saya keluar darah, dan kedua kali’y jg sama keluar darah jga tetapi si sperma itu dikeluarkan diluar terus, karena kita masih belum kepengen punya anak., dikira saya, saya haid, soalnya pada tgl itu waktu saya haid, tapi pas hari selanjutnya tidak keluar darah lagi, nah tidak lama kemudian selang 5 hari saya berhubungan lagi masih tetap dikeluarkan di luar si sperma itu, itu saya keluar darah lagi. Dikira saya, saya haid, tapi sampe sekarang saya belum haid. Kenapa itu dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Mens anda Sudah telat berapa lama? Anda menggunakan alat kontrasepsi? Gangguan haid bisa disebabkan Karena stress, hormon,diet, obat termasuk kontrasepsi, kelelahan.
      Bila anda tidak menggunakan kontrasepsi apa pun, kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan Hamil dengan tes pack, Karena meskipun sperma di keluarkan Diluar, saat melakukan senggama, Ada cairan precum Yg keluar Dan juga mengandung sperma. Mengenai darah setelah berhubungan, bisa saja Karena trauma. Lakukan hubungan sex dengan lebih relax. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. ris says:

    Sore dok..
    Maaf mau tanya neh..
    Sy prnh suntik KB yg 3 bln slama 4 thn dn selama suntik haid ga keluar dn trkadang cm flek aj 2 hr. Trus bln 9 aq berentik suntik dn bln 10 flek 3 hr trus brhungan smpai skrn. Nah 1 minggu terakhir sy merasakan ad perubahan dlm tubuh payudara bengkak dn sakit,pinggang sakit,kepala pusing,dn nyeri di perut kyk mau haid tp haid ga keluar2.trus sy melakukan tes pack 3 hr yg lalu tp hasilx negatif. Dn smpai sekaran keluhan itu masih ada.knp bs begitu dok.trim’s infox

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Hal Ini bisa Karena adanya perubahan hormonal pada tubuh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • ris says:

        Apa tdk ad kemungkinan sy hamil ya dok..?? Trim’s dok

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Kemungkinan Hamil Ada, Dhaulagiri pengecekan dengan tes pack 1 minggu kemudian bila masih belum mens. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • ris says:

            Makasih dok ats waktu dn jwbannya yg memuaskan.
            Trus maaf ad lagi dok pertanyaanq 1 lg.
            Bagaimn org yg lepas suntik KB yg 3 bln trus blm dpt haid lancar seperti biasax dn cm flek.apa ad kemungkinan bs terjadi pembuahan.?wlaupun mensx tdk lancar atau teratur.?? Trim’s dok

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

          • dr. Vanny Bernadus says:

            Pembuahan bisa terjadi, bahkan pada beberapa kasus kehamilan dapat terjadi pada orang Yg teratur Suntik KB. Karena setiap kontrasepsi memiliki angka keberhasilan masing2 dimana tidak dapat mencegah kehamilan 100 %. Trims

            Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. bunda uthie says:

    Ass…dok saya mau tanya,bulan oktober saya haid tgl 7 setelah selesai sya menggunakan pil KB. dan blan nov kemarin sya haid lagi tanggal 12 dan setelah haid saya tidak menggunakan pil KB lagi.kira-kira masa subur saya tanggal brp?
    dan haid lagi tgl berapa untuk bulan desember ini?
    apakah kemungkinan besar saya hamil dok,karena smp hari ini saya belum haid. saya berhub seks lagi kemarin tgl 28 dok.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Anda dapat mengetahui masa subur anda dengan menggunakan kalkulator ovulasi di website Ini, cari dengan kata kunci “kalkulator ovulasi” Dan untuk mengetahui apakah Hamil atau tidak, anda bisa Lakukan tes dengan tes pack. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. putry says:

    Dok saya mau tanya saya haid bru berjalan 4 hari , lalu saya kb suntik 3 bulan , saat haid berjalan 7 hari saya melakukan hubungan intim
    Apakah bisa hamil juga dok ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,

      Bila telah melakukan suntik kb ulang, efek kb sudah berlangsung jadi sudah terproteksi dari kehamilan. Namun sedbaiknya disarankan selama masih haid jangan melakukan hubungan intim terlebih dahulu karena tidak sehat untuk kesehatan reproduksi seorang wanita.

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. Agus Nha says:

    asamualailum dok ,, sya mau tnya blum lma ini sya ke dokter cek usia kehamilan istri sya dan kata dokternya usia kandungan istri sya br umur 15 minggu, tp kmrin istri sya USG dan kata dokternya usia kandungan istri sya sudah 21minggu kok beda bngt ya dok mna yg bnr, mhon jwban dan penjelasan dri dokter trimakasih buat bantuan dokter.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Penghitungan umur kehamilan dapat menggunakan berbagai metode, yang umunya dipakai adalah dari rumus hari terakhir telat haid, pada penggunaan rumus ini lebih bersifat prediktif, karena terdapat kesalahan pada pengingatan tanggal, dsb. Sedang pada usg perhitungan umur kehamilan berdasarkan pertumbuhan janin itu sendiri. Berdasar besar lingkar kepala, panjang paha janin, dsb.
      Jadi bila terdapat selisih itu bisa saja terjadi.

      Yang terpenting tetaplah rutin untuk melakukan anc agar dapat tetap memantau kesejahteraan pertumbuhan janin.

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • nanda says:

        selamat siang dok?
        salam sehat..
        saya mau tanya dok pada dua hari yg lalu saya melakukan hbungan pada pasangan saya.. pada saat itu pasangan saya sedang haid di hari ke dua.. setelah melakukan hbungan pasangan saya langsung berhenti haid, kemudian tubuh_a panas dan mual2.. pagi_a langsung saya cek, dan hasil taspack menunjukan positif…
        saya ingin tau dok apa yg sedang di alami istri saya..??
        trimakasih dok.

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Apakah haid ya banyak atau hanya flek2? Hasilnya menunjukkan kehamilan. Namun untuk Lebih memastikan sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. Agus Nha says:

    Ow.. Begitu ya dok, jdi hasil USG itu blum bisa di katakan bnar2 positif usia bayi itu memang br umur segitu ya dok? dan apa ada kemungkinan hasil USG ITU bisa salah dok? kmrin istri sya USG Dngan menggunakan 2 dimensi, dan hasilnya pun gk bgitu jelas , dokter nya pun blum bisa memastikan jenis kelaminya krna hnya trlihat samar2 aj dok, mhon jwban dri doktet trimakasih untk jwban dokter krna sngt membantu sya .

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Hasil USG 2 dimensi memang tidak sejelas 3D atau 4D, Dan dalam interpretasinya bisa saja tidak sesuai dengan kenyataannya, terutama mengenai jenis kelamin, Yg terpenting ialah mengetahui kondisi kesehatan janinnya, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. renia says:

    dok saya kan pengantin baru ..
    Saat saya datank bulan suami saya ML dgn saia.
    Apa bisa hamil dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  19. renia says:

    Dok saya pengantin baru.
    Saat saya datang bulan suami saya melakukan hubungan intim (ML) dengan saya.
    Apa bisa hamil qlo kayak gitu dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  20. Boix voker says:

    Salam sehat, dok saya mau nanya, gimana caranya hubungan intim secara sehat dan tidak berbahaya ketika istri sedang haid, karena saya termasuk orang yang tidak bisa menahan apabila sedang ingin bercinta. Terimakasih sebelumnya dok……

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Seperti Yg telah disebutkan pada artikel diatas, bahwa sex saat haid memang tidak dianjurkan Karena bisa menyebabkan infeksi baik pada istri maupun Suami Dan Yg fatal bisa menyebabkan kematian, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Pacar Cina Berkhasiat Atasi Masalah Haid | AkuMuda.com Article - [...] Seks saat Haid, Bisakah Hamil? [...]
  2. Iklan Baris Favorit | Berhubungan Intim Saat Datang Bulan - […] Sebaiknya jangan melakukan hubungan sex saat mens, Karena bisa menyebabkan infeksi Dan Yg paling bahaya ialah emboli Yg bisa …
  3. Obat Mual Dan Pusing Saat Hamil | Obat Herbal Untuk? - […] Seks saat haid, bisakah hamil? | informasi kesehatan dan […]