Kapan Aktivitas Seks Bisa Dilakukan Setelah Operasi Caesar

doktersehat seks pasca caesar

DokterSehat.Com – Setelah melahirkan anak, wanita akan mengalami beberapa gangguan pada kesehatan reproduksinya. Kalau wanita melakukan persalinan secara normal, luka yang ada pada vagina akan mengganggu aktivitas seks. Wanita akan sering sekali mengalami sakit sehingga mereka tidak disarankan untuk bercinta dahulu. Biasanya 2 bulan setelah persalinan seks baru bisa berjalan lancar.

Uraian di atas berkaitan dengan persalinan secara normal. Lalu bagaimana dengan persalinan yang dilakukan secara operasi atau Caesar atau c-section. Adakah gangguan yang akan muncul pada aktivitas seks yang akan dilakukan oleh wanita, jika ada apa saja gangguan yang akan terjadi?

Kondisi kesehatan wanita pasca melahirkan secara Caesar

Pasca melahirkan secara caesar wanita harus melakukan perawatan selama 3-5 hari di rumah sakit. Kondisi kesehatan dan kecepatan penyembuhan menentukan lama atau tidaknya wanita di rumah sakit. Dalam satu minggu kateter untuk menyalurkan urine akan dilepas sehingga proses penyembuhan luka sayatan akan berjalan

Pada kondisi ini wanita tidak disarankan untuk melakukan pekerjaan terlalau berat. Biasanya wanita mengalami gangguan berupa rasa nyeri di perut selama berbulan-bulan hingga akhirnya sembuh dengan sempurna.

Meski persalinan dilakukan dengan bantuan operasi, wanita juga masih mengalami perdarahan dari vagina dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Vagina juga kadang terasa kering sehingga wanita akan susah sekali diajak untuk berhubungan badan khususnya di bulan awal pasca persalinan dengan caesar.

Kesulitan yang terjadi saat seks

Ada cukup banyak kesulitan yang akan dialami oleh wanita khususnya ketika mereka akan berhubungan seks dengan pasangan. Secara umum kesulitan yang akan terjadi meliputi:

  • Vagina yang masih kering dan cairan pelumas susah sekali dihasilkan. Pada fase ini wanita tidak bisa menikmati seks dengan baik. Bahkan, mereka cenderung merasakan sakit yang terlalu kuat sehingga kemungkinan terjadi perdarahan akibat gesekan sangat besar.
  • Wanita masih susah bergerak karena luka di perut belum sembuh dengan sempurna. Saat pria melakukan penetrasi, ada kemungkinan terjadi getaran di perut yang lagi-lagi bisa menyebabkan rasa sakit yang jauh lebih besar dari sebelnya.
  • Libido wanita kerap menurun pasca melahirkan. Kondisi ini wajar terjadi mengingat wanita juga masih harus menyusui bayi dan merasakan sakit di sekujur tubuhnya.
  • Memperbesar terjadinya cedera dan infeksi. Setelah melahirkan aneka luka mungkin masih ada pada sistem reproduksi wanita. Kalau seka dipaksakan, ada kemungkinan luka atau mungkin infeksi terjadi dengan mudah.

Tips melakukan seks yang benar

Meski seks pasca melakukan persalinan secara caesar penuh masalah dan tantangan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar aktivitas ini berjalan dengan lancar.

  • Buang air kecil dahulu sebelum bercinta dengan pasangan. Anda juga disarankan untuk mandi air hangat agar tubuh jadi relaks. Kalau tubuh sudah relaks, seks bisa dilakukan dengan lebih lancar.
  • Pilih posisi seks yang benar. Karena area di sekitar perut masih sakit, ada baiknya untuk tidak memilih posisi yang ekstrem. Gunakan posisi seks yang aman sehingga tekanan ke arah perut bisa diturunkan sehingga rasa sakit tidak akan ada.
  • Gunakan cairan pelumas tambahan untuk mengurangi gesekan. Cairan ini akan membuat rasa sakit yang dialami wanita menurun. Pelumas tambahan juga memberikan rasa licin yang menambahkan rasa nikmat.
  • Lakukan seks dengan lebih santai dan jangan terlalu memaksakan diri. Kalau Anda memaksakan diri, tubuh akan mengalami rasa sakit. Wanita bisa meminta pasangannya untuk melakukan penetrasi yang lebih pelan.
  • Untuk seks yang lebih intens, coba lakukan konsultasi dahulu dengan dokter terkait. Mereka biasanya memberikan saran-saran yang akan mempermudah melakukan aktivitas ranjang yang aman dan nyaman.

Semoga bermanfaat!