Seks masa Kehamilan

Wanita yang sedang hamil biasanya memiliki perubahan kebutuhan akan perhatian dan keintiman dalam hubungan dengan pasangannya, wanita hamil menjadi lebih sensitif, dan keintiman sudah bisa mereka rasakan lewat sentuhan atau sekedar bicara berdua dengan pasangan di tempat tidur sambil berpegangan tangan, meski begitu hubungan seks sama sekali tidak dilarang selama masa kehamilan. Bahkan tak jarang sex dalam masa kehamilan membawa sensasi tersendiri. Berikut yang perlu Anda ketahui untuk melakukan seks yang aman ketika hamil :



– Posisi woman on top atau menyamping adalah posisi yang nyaman untuk wanita hamil.

– Sebelum melakukan penetrasi yang dalam, yang harus diutamakan adalah kenyamanan dan kebebasan ibu hamil.

– Penggunaan benda asing di sekitar vagina atau alat bantu seks, sebisa mungkin dihindari.

– Rasa pengertian, empati, kreatifitas dan humor adalah aspek yang sebaiknya ada ketika melakukan hubungan seksual pada saat kehamilan.

– Kapan pun, ibu hamil berhak mengatakan “Tidak”

– Jika kehamilannya memiliki resiko tinggi, penetrasi dan orgasme sebaiknya dihindari sampai dokter menyatakan aman. Rangsangan melalui puting juga harus dihindari pada kondisi kehamilan seperti ini.

– Hindari penetrasi jika air ketuban bocor atau pecah.

– Kontak seksual dalam bentuk apa pun harus dihindari jika ibu hamil atau pasangannya telah terkontaminasi atau terkena virus HIV. Gunakan kondom jika memang tetap ingin melakukan aktivitas seksual.

 Dokter Sehat