Seks Mampu Memperkuat Daya Ingat Wanita

DokterSehat.Com – Meskipun masih kerap dianggap sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan, dalam realitanya seks mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa seks bisa memberikan dampak positif bagi ketajaman memori kaum hawa. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-seksi-ngolet-stretch

Sang peneliti, Larah Maunder yang berasal dari McGill University yang bertempat di Montreal, Kanada, menyebutkan jika hubungan seks ternyata mampu membuat wanita mengingat kembali berbagai memori, ingatan akan skill, atau bahkan kata-kata. Dari penelitian ini, diketahui bahwa penis-vagina intercourse atau hubungan intim memang sangat baik bagi fungsi memori para wanita muda.

Maunder melibatkan 78 partisipan wanita heteroseksual dengan rentang usia 18 hingga 29 tahun yang rutin melakukan hubungan intim dalam penelitian ini. Ia pun mencari tahu kaitan antara frekuensi hubungan intim dengan fungsi memori otak pada para wanita tersebut. Para partisipan ini diminta untuk menyelesaikan paradigma memori menggunakan komputer yang terdiri dari berbagai kata-kata abstrak hingga beragam wajah. Hasilnya adalah, semakin sering frekuensi berhubungan intim didapatkan oleh wanita, maka skor memori untuk mengingat berbagai kata abstrak tersebut cenderung semakin tinggi. Sayangnya, untuk skor mengingat wajah, tidak ada hasil positif yang didapatkan.

Penelitian yang hasilnya dipublikasikan di dalam jurnal berjudul Archives of Sexual Behavior ini menyimpulkan bahwa aktivitas hubungan intim berpengaruh pada pertumbuhan jaringan baru pada bagian otak yang bernama hippocampus, yang menjadi pusat memori, sistem saraf otonom, dan juga emosi manusia. Sebagian besar penyimpanan memori dan kemampuan mengingat kata berada pada bagian otak tersebut. Pertumbuhan jaringan inilah yang membuat wanita yang cukup rutin melakukan hubungan intim akan memiliki daya ingat yang jauh lebih baik.