Seks Makin Panas Saat Wanita Sedang Masa Subur

doktersehat waktu berhubungan seks

DokterSehat.com – Seks nikmat tak hanya butuh gaya yang bervariasi. Pilihan waktu bercinta yang tepat juga bisa menambah kenikmatan hubungan seksual Anda misalnya saat wanita sedang mengalami masa subur.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Allen Wilcox, gairah seks wanita akan meningkat tajam saat berada pada masa subur. Peningkatan nafsu wanita setelah haid atau saat masa subur terjadi pada wanita yang tidak menggunakan alat kontrasepsi, seperti wanita yang menggunakan spiral (IUD) dan wanita yang telah disterilisasi.

Apa penyebab libido wanita meningkat di masa subur?

Belum diketahui pasti apa penyebab tingginya libido wanita di masa subur. Para peneliti menduga pada masa subur wanita memproduksi lebih banyak feromon, yakni zat kimiawi yang memberi pesan ke lawan jenis, yang meningkatkan daya tarik seksualnya. Tak salah bila Anda dan pasangan memanfaatkan waktu ini untuk berhubungan intim sebab kenikmatan seksual akan lebih mudah dicapai bersama.

Baca juga: Begini Cara Mudah Untuk Menentukan Masa Subur Wanita

Hubungan intim yang dilakukan pada masa ini bisa meningkatkan peluang kehamilan. Bagi Anda yang masih ingin menunda kehamilan sebaiknya jangan lupa memakai kondom.

Setiap bulannya, masa subur wanita berlangsung selama enam hari, yaitu lima hari sebelum terjadi ovulasi dan satu hari saat ovulasi. Sel telur masak akan terlepas dari folikel antara hari ke-9 sampai hari ke-17 setelah awal menstruasi. Puncak kesuburan berlangsung pada hari ke-14 sebelum menstruasi berikutnya. Singkatnya, masa subur berada pada 3 sampai 5 hari sebelum dan setelah hari ke-14 sebelum haid berikutnya. Ovulasi pada wanita sering tertunda akibat stres, masa menyusui, atau masa pra-menopause.

Tanda Masa Subur Wanita

Masa subur wanita bisa diketahui melalui lendir yang makin banyak yang bisa mencapai 10 kali lipat saat mendekati ovulasi. Vagina akan terasa licin jika masa subur datang. Seks di masa subur bisa membuat wanita lebih mudah terangsang, penetrasi lebih mudah, dan Anda bisa bersama-sama pasangan mencapai puncak kenikmatan.

Peningkatan libido pada wanita bisa juga terjadi beberapa hari sebelum dan sesudah haid. Tentukan waktu yang tepat bila Anda ingin merasakan sensasi bercinta yang lebih “panas”.

Baca juga: Apakah Pria Memiliki Masa Subur Seperti Wanita?

Karena ovulasi tidak selalu terjadi pada hari yang sama setiap bulan, kalender mungkin bukan cara paling efektif untuk melacak kesuburan wanita. Sebaliknya, Anda harus mengenal tubuh Anda dan belajar bagaimana mengidentifikasi tanda-tanda ovulasi.

Beberapa wanita tidak melihat perubahan signifikan pada tubuh mereka selama ovulasi, tetapi biasanya ada tanda-tanda halus yang mengindikasikan sel telur telah dilepaskan. Tanda-tanda ini termasuk:

  • Kram ringan atau nyeri perut bagian bawah
  • Kenaikan halus dalam suhu tubuh basal
  • Perubahan debit menstruasi Anda
  • Dorongan seks meningkat

Tanda lain dari ovulasi adalah perubahan lendir serviks. Anda mungkin melihat cairan “putih telur” di lapisan pakaian dalam Anda. Anda mungkin juga melihat sedikit peningkatan suhu tubuh Anda.

Memantau perubahan tertentu dalam tubuh Anda dapat membantu Anda menentukan kapan Anda paling subur. Tetapi jika Anda mengalami kesulitan mengenali tanda-tanda ovulasi, Anda juga dapat menggunakan monitor kesuburan ovulasi, atau kit. Alat-alat ini mengukur kadar hormon spesifik dalam urin Anda untuk mengidentifikasi hari-hari subur Anda di bulan itu.

baca juga: 5 Perubahan yang Terjadi pada Siklus Subur Wanita

Umur dan Ovulasi

Penting untuk dicatat bahwa ovulasi dapat berubah seiring bertambahnya usia. Tidak jarang beberapa wanita mengalami ovulasi dan masalah kesuburan saat mereka mendekati usia 30-an dan awal 40-an. Ini karena kualitas dan kuantitas telur menurun seiring bertambahnya usia dan ovulasi bisa menjadi tidak teratur.

Kesuburan biasanya mulai menurun setelah usia 35 tahun. Ini membuat lebih sulit bagi sebagian wanita untuk hamil. Kondisi yang berbeda dapat memengaruhi kesuburan, seperti endometriosis, fibroid uterus, dan penyakit radang panggul. Tetapi meskipun mungkin lebih sulit untuk hamil setelah usia tertentu, itu mungkin tidak mustahil. Kuncinya adalah mengobati penyebab kesuburan. Buat janji dengan dokter Anda jika Anda mencurigai masalah kesuburan.

Jadi, manfaatkanlah masa subur wanita untuk seksualitas dan program hamil, Teman Sehat!