Seks Lebih Sering Lebih Baik

DokterSehat.Com – Hubungan seksual memang menjadi salah satu kebutuhan manusia, selain juga karena faktor cinta, kepuasan, dan reproduksi. Tetapi bukan itu saja alasan mengapa kita perlu lebih sering melakukannya. Ada sejumlah alasan mengapa lebih sering berhubungan seks bisa menyehatkan :



  • Mengurangi nyeri
    Banyak wanita yang malas bercinta karena alasan sakit kepala. Padahal, hubungan seks sebenarnya bisa membantu mengurangi rasa nyeri. Endorfin yang dilepaskan saat orgasme ternyata punya kekuatan untuk meredakan rasa sakit.
  • Meningkatkan imunitas
    Meluangkan waktu untuk berintim-intim dengan pasangan secara rutin juga akan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Mencegah kanker
    Pria yang sering melakukan ejakulasi diketahui memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah. Sementara itu pada wanita manfaat yang diperoleh adalah penurunan risiko kanker payudara.
  • Menguatkan jantung
    Dalam sebuah penelitian, orang yang rutin bercinta ternyata lebih jarang yang meninggal karena penyakit jantung. Memang studi ini tak menunjukkan hubungan sebab akibat, tapi orang yang sering bercinta biasanya adalah orang yang sehat. Hubungan seks juga akan menyeimbangkan hormon, yang tentu berpengaruh pada seluruh sistem tubuh.
  • Menurunkan tekanan darah dan stres
    Dalam sebuah penelitian terhadap sekelompok orang yang diberi tugas-tugas pemicu rasa cemas, diketahui mereka yang melakukan hubungan seks dalam kurun waktu penelitian ini memiliki kadar stres lebih rendah. Tekanan darah mereka juga lebih rendah.
  • Membantu tidur
    Setelah orgasme, tubuh akan melepaskan hormon rilekasasi yang disebut prolaktin. Jika Anda tak merasa terlalu lelah, berhubungan seks dan mencapai orgasme bisa membuat kita tidur lebih cepat, kata Kristin Mark, direktur Sexual Health Promotion Lab.
  • Membakar kalori
    Tergantung pada seberapa panas ranjang Anda, tapi bercinta bisa menguatkan otot, meningkatkan detak jantung, dan membuat seluruh bagian tubuh bergerak.

    Penelitian bahkan menunjukkan pria membakar 101 kalori saat bercinta sekitar 25 menit (mulai dari pemanasan sampai orgasme), sementara wanita rata-rata membakar 69 kalori. Meski jumlah itu relatif kecil, tetapi jumlah kalori yang terbakar bisa lebih lama lagi jika durasinya ditambah.