Seks Bisa Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika kini semakin banyak orang yang mengalami masalah tidur. Tekanan kehidupan dan stres ditengarai menjadi pemicu masalah ini. Banyak orang yang menyarankan kita untuk mengatasi masalah kurang tidur dengan cara melakukan olahraga, khususnya olahraga aerobik dengan rutin. Namun, apakah olahraga ini sudah cukup efektif untuk membuat tidur kita kembali berkualitas?

doktersehat-pasangan-tidur-couple-seks

Tahukah anda jika ada banyak orang yang berusaha keras untuk bisa mendapatkan kembali waktu tidur yang berkualitas? Tak terhitung berapa banyak orang yang memilih mengkonsumsi obat tidur. Memang, obat ini bisa membuat kita cepat terlelap. Namun, obat ini bisa membuat kita ketergantungan dan justru akan mengalami masalah sulit tidur tanpa mengkonsumsinya. Karena alasan inilah banyak orang yang mencoba untuk melakukan olahraga. Logikanya, dengan berolahraga, kita akan merasa lelah dan tubuh pun akan meminta kita untuk segera tertidur.

Sayangnya, bagi pakar kesehatan dr. Janet Kennedy, anggapan orang berupa olahraga mampu membuat kita cepat tertidur sama sekali tidak benar. Menurut beliau, alih-alih merasa lelah dan membuat kita mudah tidur, rutin melakukan latihan fisik di malam hari justru membuat kita akan menjadi lebih terjaga dan sudah untuk memejamkan mata, apalagi jika kita melakukan olahraga aerobik di malam hari.

Dr. Kennedy menyebutkan jika olahraga aerobik dan olahraga angkat beban akan membuat banyak lemak dan kalori yang terbakar, namun, olahraga ini akan membuat tubuh menjadi lebih panas, denyut jantung meningkat, dan pernafasan menjadi lebih cepat. Kita baru bisa tidur andai kondisi tubuh tersebut normal kembali dan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikannya.

Alih-alih melakukan olahraga, dr. Kennedy justru menyarankan kita untuk melakukan yoga atau bahkan rutin berhubungan intim dengan pasangan. Berhubungan intim akan membuat tubuh lebh banyak melepaskan endorphin yang lebih menenangkan pikiran sehingga kita pun akan bisa lebih cepat tertidur secara alami.