Seks Anal Bikin Kanker Anus?

Doktersehat.com – Seks anal bukanlah perilaku seksual yang aman karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang ringan sampai yang berat seperti kanker anus.



Dr Ari Fahrian Syam, SpPD, K-GEH, seorang konsultan cerna, mengakui bahwa kanker anus memang jarang ditemui. Meskipun demikian, jangan anggap remeh kanker anus sebab kanker ini juga perlu penanganan khusus.

Kebiasaan melakukan hubungan seksual melalui anus bisa menyebabkan dubur mengalami iritasi kronis sehingga risiko terkena kanker usus pun meningkat.

Kanker anus biasanya ditandai dengan munculnya gejala seperti:

1. Nyeri di dubur ketika Buang Air Besar (BAB)

2. Rasa gatal di anus

3. Anus mengeluarkan lendir atau seperti jelly

4. BAB berdarah

Risiko kanker anus mirip seperti  kanker anorektal yaitu mengalami iritasi kronis di dubur serta infeksi kronis dengan Human Pappiloma Virus (HPV). Infeksi HPV menular melalui hubungan seks dan akan meningkat risikonya bila memiliki riwayat kanker serviks atau vagina, merokok, gonta-ganti pasangan, dan mengonsumsi obat-obat penekan daya tahan tubuh (imunosupresi).

Dalam kasus ini wanita lebih berisiko terkena kanker anus ketimbang laki-laki. Meski begitu, laki-laki yang memiliki kebiasaan seks anal juga rentan terkena kanker anus.

Sumber: detik.com