Sekilas Tentang Kanker Hati

Dokter Sehat – Kanker adalah pertumbuhan dan perkembangbiakan sel-sel baru pada suatu organ yang tumbuh abnormal, cepat, dan tidak terkendali dengan bentuk, sifat, dan gerakan yang berbeda dari sel asalnya serta merusak bentuk dan fungsi sel asalnya. Sedangkan kanker hati adalah pertumbuhan sel yang abnormal, cepat, dan tidak terkendali pada hati sehingga merusak bentuk dan fungsi organ hati.



Kanker ini merupakan kanker ganas yang dibentuk dari sel-sel yang membentuk hati, kanker hati sering disebut sebagai penyakit diam karena pasien seringkali tidak mengalami gejala sampai kanker pada tahap lanjut sehingga jarang ditemukan pada stadium awal.

Seperti pada gejala kanker pada umumnya, beberapa pasien mungkin mengalami gejala seperti sakit di perut sebelah kanan atas melalui bagian belakang dan bahu, berat badan, kehilangan nafsu makan, kelelahan, mual, muntah, demam, dan penyakit kuning. Namun, meskipun ada bebarapa gejala seperti ditas, sebaiknya periksakan terlebih dahulu ke dokter.

Kanker pada hati terjadi apabila sel kanker berkembang pada jaringan hati, kanker pada hati yang banyak terjadi adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama sirosis yang terjadi karena virus hepatitis B, C dan hemochromatosis.

Gejala kanker hati :

1.Perubahan yang terjadi pada tangan dan kaki dimana semakin lama maka semakin membengkak.

2.Warna pada kulit dan mata seseorang menjadi kuning.

3.Feses seseorang menjadi kehitam-hitaman, serta warna urine yang dikeluarkan telah menyerupai air teh.

4.Berat badan yang mengalami penurunan tanpad sebab yang jelas.

5.Badan yang semakin lemas dan disertai dengan dingin yang mengigil.

6.Ketidaknyamanan di sisi kanan perut.

Jika Anda mengalami beberapa perilaku berikut ini, maka Anda harus segera menghentikannya karena begitu berpotensi menyebabkan kanker hati :

1.Siklus tidur yang berbeda dari banyak orang pada umumnya. Jika Anda mempunyai kebiasaan tidur terlalu malam, sementara Anda bagun terlalu siang. Maka segeralah hentikan kebiasaan tersebut karena merupakan salah satu faktor utama penyebab kanker hati.

Baca Juga:  Tips Hidup Sehat Mencegah Gigi Berlubang

2.Pola makan seseorang yang tidak teratur atau cenderung berlebihan juga bisa menjadi penyebab kanker hati. Untuk itu, amat dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan tidak berlebihan dan memperbanyak makanan sehat seperti sayuran dan buah. Juga, hindari minuman bersoda.

3.Sering tidak sarapan pagi, sarapan adalah elemen penting dalam menjaga energi dan kesehatan terutama sistem d hati anda.

4.Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, makanan dengan bahan pengawet menyebabkan hati menjadi terkontaminasi sehingga jika sudah berlebihan, kanker hati bisa menjangkiti anda.

5.Terlalu banyak mengkonsumsi makanan mentah, situasi ini disinyalir dapat meningkatkan beban pada hati sehingga sulit untuk membuatnya bekerja dengan baik.

Sebuah penelitian selama ini menemukan tingkat kejadian kanker hati bagi pria dan wanita meningkat pada tahun 1993-2002 untuk delapan dari 32 pendaftar kanker dipertimbangkan dalam analisis. Peningkatan ini terbatas pada negara-negara ekonomi maju Eropa Barat, Amerika Utara, dan Oseania dan mungkin sebagian karena infeksi HCV kronis meningkat sebagai akibat dari transfusi darah dan jarum terkontaminasi diskrining digunakan untuk tujuan medis dan dengan penggunaan narkoba yang meluas intravena pada dekade-dekade sebelumnya.

Sebaliknya, angka kejadian menurun pada kedua pria dan wanita di lima pendaftar termasuk tiga di Asia. Meskipun demikian, tingkat insiden di negara-negara Asia tetap 3-4 kali lebih tinggi daripada di daerah berisiko rendah dengan tingkat peningkatan.

Itulah sekilas tentang kanker hati, tentu saja kanker ini sangat berbahaya jadi mari lebih waspada. Lakukan pencegahan kanker sedini mungkin. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Orang dengan gaya hidup yang buruk akan lebih mudah terkena kanker ini. Seperti kebiasaan begadang yang kelewatan.