Sekilas Tentang Chikungunya

Dokter Sehat – Chikungunya adalah penyakit sejenis demam virus yang disebabkan alphavirus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Aedes aegypti, namanya Chikungunya berasal dari bahasa Shawill berdasarkan gejala pada penderita, yang berarti (posisi tubuh) meliuk atau melengkung, mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sendi hebat (arthralgia). Nyeri sendi ini terjadi pada lutut pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki.

11

Chikungunya dijumpai terutama di daerah tropis dan sering menyebabkan endemis dalam interval tertentu (5-10 tahun), beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya chikungunya antara lain rendahnya status kekebalan kelompok masyarakat, kepadatan populasi nyamuk penular karena banyaknya tempat perindukan nyamuk yang biasanya terjadi pada musim hujan.

Pada umumnya terjadi didaerah yang padat penduduknya, mobilitas penduduk tinggi, dan banyak tempat-tempat yang memungkinkan berkembang biaknya nyamuk penular, seperti tempat-tempat penampungan air (TPA), misalnya bak mandi, bak WC, drum, tempayan, ember, non TPA (misalnya: ban dan barang-barang bekas lainnya yang dapat menampung air hujan, talang, vas bunga, kolam); serta habitat alamiah (misalnya potongan bambu, tempurung kelapa dan pelepah daun).

Penularan demam chikungunya terjadi apabila penderita yang sakit (dalam keadaan viremia) digigit oleh nyamuk penular, kemudian nyamuk tersebut mengigit orang lain. Biasanya akan terjadi penularan dari orang ke orang, penyakit ini biasanya berlangsung selama beberapa hari, kemudian sembuh sendiri dengan masa inkubasi antara 1-12 hari (umumnya 2-4 hari).

Demam Chikungunya disebabkan oleh infeksi virus Chikungunya, virus ini masih satu keluarga dengan Virus Dengue, penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD). Virus ini masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes Albopictus yang juga nyamuk penular DBD.

Demam Chikungunya sering racun dengan DBD karena mempunyai gejala yang awal yang hampir sama, tetapi gejala nyeri sendi merupakan gejala yang penting pada demam Chikungunya. Tetapi untuk pasti membedakannya adalah dengan pemeriksaan laboratorium darah pada demam hari ke 3. Serangan demam Chikungunya dalam bentuk KLB (kejadian luar biasa) sudah sering terjadi, terutama pada musim penghujan.
Tanda terkena penyakit chikungunya :

1.Bercak kemerahan atau ruam pada kulit
Bercak kemerahan ini terjadi pada hari pertama demam, tetapi lebih sering pada hari ke 4-5 demam. Lokasi biasanya di daerah muka, badan, tangan, dan kaki. Kadang ditemukan perdarahan pada gusi.

Baca Juga:  Ada 6 Tanda Serangan Jantung yang Bisa Dideteksi Sebulan Sebelum Terjadi

2.Sakit pada persendian
Nyeri sendi merupakan keluhan yang sering muncul sebelum timbul demam dan dapat bermanifestasi berat, sehingga kadang penderita merasa lumpuh. Sendi yang sering dikeluhkan: sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang.

3.Tiba-tiba demam tinggi yang disertai dengan menggigil dan muka kemerahan
Panas tinggi berlangsung selama 2-4 hari kemudian kembali normal.

4.Nyeri otot
Nyeri bisa terjadi pada seluruh otot atau pada otot bagian kepala dan daerah bahu, kadang terjadi pembengkakan pada pada otot sekitar mata kaki.

5.Nyeri kepala
Nyeri kepala merupakan keluhan yang sering ditemui.

6.Kejang
Biasanya pada anak karena panas yang terlalu tinggi, jadi bukan secara langsung oleh penyakitnya.

7.Gejala lain yang kadang dijumpai adalah pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher.

Banyak sekali manfaat teripang dalam menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif seperti Stroke, Jantung Koroner, Kencing Manis & Luka Gangren, Kanker (Tumor), Gagal Ginjal, Chirosis Hepatis, Asam Urat, Rhematik, Wasir, Esteoporosis (Pengeroposan Tulang), Alergi Saluran Pernafasan (Bersin, Filek, Sinusitis, Asma), Alergi Kulit (Aksim, Gatal, Darah Tinggi, Darah Rendah, Kolesterol, Penyempitan Pembuluh Darah, Penurunan Fungsi Liver, maag, Rambut Rontok, Pembesaran Prostat,Penyakit Varises.Chikungunya (DBD) dan masih banyak lagi manfaat dari teripang ini.

Teripang merupakan lauk yang lezat dan disukai masyarakat Cina dan bernilai jual tinggi di pasaran, teripang diperdagangkan dalam bentuk awetan/kering. Teripang kering mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut : Nutrisi Kadar air protein lemak abu karbohidrat vitamin A vitamin B – Thiamine – Riboflavin – Niacin total kalori (dalam Annonymous, 1972) Jumlah Nutrisi (8,90%) (82,00%) (1,70%) (8,60%) (4,80%) (455 ug%) 0,04 mg% 0,07 mg% 0,4 mg%) (385 cal/100g) Kadar protein yang cukup besar memberikan nilai gizi yang cukup baik dan protein teripang mempunyai asam amino yang lengkap. Kandungan lemaknya mengandung asam lemak tidak jenuh yang sangat diperlukan bagi kesehatan jantung.