Sekilas Mengenai Lipoma

Dokter Sehat – Lipoma merupakan tumor yang tergolong ke dalam tumor jinak artinya bahwa tumor ini adalah tumor yang tidak membahyakan bagi penderitnaya. Lipoma merupakan penyakit yang tumbuh pada bawah kulit sebagai endapan lemak, beberapa manusia hanya memiliki satu lipoma saja sedangkan banyak manusia memilki beberapa buah lipoma saja dan penyakit ini merupakan penyakit yang boleh dikatakan sebagia penyakit yang diderita oleh wanita dan jarang diderita oleh pria. Kebayakan lipoma dapat ditemukan pad bagian tangan terutama pada bagian lengan, pada bagian leher yang terletak di belakang dan juga pada bagian batang tubuh.

13

Gejala penyakit lipoma yang dapat dikenali berupa adanya benjolan yang nampak dengan bentuk lonjong dan juga bulat dan apabila diraba akan terasa lembut terutama pada bagian yang terkena seperti pada bagian lengan, leher bagian belakang dan juga pada bagian batang tubuh. Pada dasarnya penyakit ini sangat jarang mengakibatkan masalah akan tetapi dapat menimbulkan rasa nyeri yang sering dirasakan penderita.

Penyebab lipoma sendiri tidak selalu disebabkan oleh faktor keturunan jika orang tua memiliki riwayat lipoma maka kita juga. Namun, lebih kepada sindrom hereditary multiple lipomatosis, yakni seseorang bisa punya lipoma lebih dari satu di bagian-bagian tubuhnya.

Obat lipoma bisa dilakukan dengan cara pembedahan atau sedot lemak, namun memang tidak jarang berubah menjadi ganas jika Anda benar-benar tidak menjaga. Mengenai operasi pembedahan maka akan dilakukan dengan mengangkat lipoma dengan sayatan. Sedangkan pada sedot lemak maka operasi akan dilakukan dengan cara penyedotan lemak yang ada di dalam benjolan lipoma tersebut. Namun, sekarang memang sedang dikembangkan juga teknik gelombang ultrasonik yang dapat menghancurkan lemak di benjolan lipoma tersebut.