informasi kesehatan


Sekilas Mengenai Kanker Tulang

Sekilas Mengenai Kanker Tulang

Tumor adalah pertumbuhan sel baru, abnormal, progresif, dimana sel-selnya tidak pernah menjadi dewasa. Angka kejadian tumor tulang bila dibandingkan dengan jenis tumor lain adalah kecil, yaitu kurang lebih 1% dari seluruh tumor tubuh manusia. Tumor bersifat ganas bila tumor berkemampuan untuk menyebar ke tempat lain (mampu bermetastasis) dan dikatakan jinak bila tidak mampu untuk bermetastasis. Paru-paru merupakan organ yang paling sering dihinggapi oleh anak sebar tumor ganas.

Tumor tulang primer merupakan tumor tulang dimana sel tumornya berasal dari sel-sel yang membentuk jaringan tulang, sedangkan tumor tulang sekunder merupakan anak sebar tumor ganas organ non-tulang yang bermetastasis ke tulang.

Berdasarkan penilaian klinis, radiologis dan histopatologis yang cermat dari masing-masing tumor tulang, maka dapat ditentukan staging tumor tersebut. Staging berlaku untuk tumor jinak dan tumor ganas tulang. Sistem staging yang dipakai untuk tumor tulang ialah Surgical Staging System dari Enneking.
Untuk tumor ganas ada 3 tingkat stadium, yaitu:
1. Stadium I, bila derajat keganasannya rendah.
2. Stadium II, artinya tumor mempunyai derajat keganasan tinggi.
3. Stadium III, yang berarti tumor sudah menyebar.

Osteosarkoma (Sarkoma Osteogenik) adalah tumor tulang ganas primer, dimana tumor ganas ini memproduksi tulang dan sel-selnya berasal dari sel mesenkimal primitif. Berdasarkan WHO definisi osteosarkoma adalah:
Primary high grade malignant tumour in which the neoplastic cells produce osteoid (Christopher D.M., 2002: 264).

Osteosarkoma merupakan tumor ganas yang paling sering ditemukan pada anak-anak. Rata-rata penyakit ini terdiagnosis pada umur 15 tahun. Angka kejadian pada anak laki-laki dan anak perempuan adalah sama, tetapi pada akhir masa remaja penyakit ini lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki. Penyebab yang pasti tidak diketahui. Karena belum diketahui penyebabnya, maka sulit kita mencegah. Untuk diketahui, kanker tulang tidak ada kaitannya dengan makanan. Ada orang menduga akibat radioaktif yang terdapat di lingkungan masyarakat.

Osteosarkoma cenderung tumbuh di tulang paha (ujung bawah), tulang lengan atas (ujung atas) dan tulang kering (ujung atas).Ujung tulang-tulang tersebut merupakan daerah dimana terjadi perubahan dan kecepatan pertumbuhan yang terbesar. Meskipun demikian, osteosarkoma juga bisa tumbuh di tulang lainnya.

Osteosarkoma dibagi menjadi dua tipe :
1. Tipe sentral yaitu tumor yang tumbuhnya di dalam tulang.
2. Tipe perifer yaitu tumor yang tumbuhnya di permukaan tulang.
Di Indonesia belum ada pusat data mengenai kanker tulang secara menyeluruh. Memang ada rencana RS Kanker Dharmais dengan RS Cipto Mangunkusumo mendirikan pusat data ini. Kalau ini terwujud nanti pasti prevalansinya diketahui.

Gejala dan Tanda
Gejala yang paling sering ditemukan adalah nyeri. Sejalan dengan pertumbuhan tumor, juga bisa terjadi pembengkakan dan pergerakan yang terbatas. Tumor di tungkai menyebabkan penderita berjalan timpang, sedangkan tumor di lengan menimbulkan nyeri ketika lengan dipakai untuk mengangkat sesuatu benda. Pembengkakan pada tumor mungkin teraba hangat dan agak memerah.
Tanda awal dari penyakit ini bisa merupakan patah tulang karena tumor bisa menyebabkan tulang menjadi lemah. Patah tulang di tempat tumbuhnya tumor disebut fraktur patologis dan seringkali terjadi setelah suatu gerakan rutin. Berdasarkan Jess H. Lonner, tanda osteosarkoma adalah :
Paint and swelling, decreased range of motion, localized warmth and pathological fracture. (Jess H. Lonner, 1999: 243).

Pemeriksaan yang biasa dilakukan:
- Rontgen tulang yang terkena untuk melihat luasnya kerusakan tulang
- Rontgen dada untuk melihat adanya penyebaran ke paru-paru
- Bone Scan tulang untuk melacak penyebaran ke tulang yang lain
- Pemeriksaan darah yaitu alkaline phosphatase serum
- Pemeriksaan histopatologi dengan biopsi jarum dan biopsi terbuka

C. Penanganan
Hampir setiap kanker tulang ganas dengan segala kondisi apapun, dahulu selalu dilakukan amputasi untuk menghindari kematian. Sekarang dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dilakukan cara lain yang lebih “terhormat” yaitu menggunakan metode teknik baru limb salvage, dimana teknik terapi baru ini telah dikembangkan di hampir semua pusat penyembuhan kanker di seluruh dunia. Tujuan operasi adalah untuk menghilangkan tumor lokal pada tulang yang terkena.
Menurut Prof. Errol, operasi ini dibagi menjadi dua:
1. Limb salvage yaitu tulang yang terkena tumor ganas disambung dengan bekas kaki pasien lain yang baru saja meninggal dunia atau tulang yang terkena tumor pada stadium dini dimatikan dulu dengan radiasi kemudian dipasang lagi.
2. Limb ablation yaitu tulang yang terkena tumor ganas di amputasi.
(Errol, 2005: 29).

Sekarang sebelum dilakukan pembedahan, diberikan kemoterapi yang biasanya akan menyebabkan tumor mengecil. Kemoterapi juga penting karena akan membunuh setiap sel tumor yang sudah mulai menyebar.
Kemoterapi yang sekarang dianut adalah neo ajuvant therapy, pada metode ini diberikan terlebih dahulu 3 siklus kemoterapi pra operasi dan kemudian diberikan lagi kemoterapi pasca bedah 3 siklus. Kemoterapi yang biasa diberikan adalah metotreksat dosis tinggi dengan leukovorin, Doxorubicin (adriamisin), Cisplatin, Cyclophosphamide (sitoksan), dan Bleomycin.

Prognosis (Ramalan Hasil Akhir Perjalanan Penyakit)
Pada permulaannya prognosis osteosarkoma adalah buruk, five years survival rate-nya hanya berkisar antara 10-20%, belakangan ini dengan terapi ajuvan berupa kemoterapi yang intensif, maka five years survival rate menjadi lebih baik, mencapai 60-70%, bahkan ada yang mencapai 100%.
Berkat kemoterapi pra bedah maka tindakan amputasi juga sudah jauh berkurang. Sekarang di pusat-pusat pengobatan kanker tulang yang lengkap, lebih sering dilakukan tindakan limb salvage.

Akibat Ketidaktahuan dalam Pengobatan
Masyarakat sering mengganggap kanker tulang hal yang sepele, misalnya penderita yang mengeluh benjolan di paha atau patah tulang spontan yang disebabkan benturan ringan yang sebelumnya penderita memang sudah memiliki tumor terlebih dahulu dibawa ke pengobatan alternatif. Jika dalam kondisi seperti ini dilakukan pengurutan bisa mengakibatkan tumor tadi pecah dan menyebar, maka tindakan mengurut itu sangat berbahaya.

dokter sehat

pf button both Sekilas Mengenai Kanker Tulang
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

38 Responses to “Sekilas Mengenai Kanker Tulang”

  1. veteriner says:

    trimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  2. mutiara says:

    Allah telah menyembuhkan ibu (dari kanker tulang n keganasan imun) dgn kesembuhan yang tiada sakit sesudahnya…….

    selamat jalan ibu

    doa ananda selalu

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 3 Thumb down 0

  3. Tata says:

    Dok sy mau tanya,
    di bagian tulang (bawah leher bagian depan; dekat dengan cekungan)ibu sy terdapat benjolan keras. kadang terasa kencang. akhir2 ini kelihatan lebih besar. apakah itu kanker tulang dok? tindakan apa saja yg hrs kami lakukan? dokter apa yg menangani masalah ini? mohon jawabannya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  4. Fuad says:

    Dok klo kanker tulang belakang stadium II bagaimana cara penyembuhannya???

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. amy lie says:

    tlg dijawab ya.,sahabat saya kena kanker tulang punggung., gejalanya kadang mimisan,kadang muntah cairan warna kuning kental,kadang sesak nafas saat marah n berpengaruh membuatnya kambuh.,sedangkan rasa sakitnya tak tertahankan..,trus juga batuk., itu termasuk kanker tulang jenis mana.,??? sebelumnya makasih ya..,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Dr. Ronald Iskandar says:

    @amy lie – gejala yg anda sampaikan kebanyakan bukan gejala kanker tulang,, kemungkinan tumor utama bukan di tulang, sebaiknya konsultaaikan dengan dokter yg menangani anda…thx…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. [email protected] says:

    saya sudah melewati V years survival rate dari perkiraan doter yang merawat saya, dan kemungkinan 70-80 % akan sembuh. apakah kondisi saya bisa kembali buruk setelah melewati itu..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Anonymous says:

    bagaimana dengan tulang yang membesar d pinggul’ dan sekarang sudah sebesar bola sepak.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. Anonymous says:

    dok, leher bagian belakang saya sering terasa nyeri. apakah itu salah satu gejala kanker tulang belakang??

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. ercy says:

    saya kena tomor tulang kaput femur kanan skrng menjalar kebawah dr mau mencangkok tulang saya dng tulang orang lain yg mati apakah bsa dok tks

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. Anonymous says:

    anak sy stlh di rontgent dari hasil dikatakan kesan : humerus proximal dgn deformitas yg benign. artinya apa ya? dan seberapa bahayanya dok, sebab dari foto ada benjolan di area tulang lengan bagian dalam sekitar 10 cm ke bawah bila dari bahu, mohon jawabannya dok,terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 1

  12. eva siahaan says:

    saya punya anak umur 4 tahun lebih 6 bulan. dia memiliki bencolan d bawah lutut yang makin membesar. rencananya akan d angkat bulan 7 tahun 2013.
    namun, yang aneh setiap dia jatuh atw terbentur kenapa jadi bencolan?bagaimana cara agar dapat mengurangi bencolan tadi dokter?
    thank you

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. Nur ikhsan says:

    Mula-mula nya sih sya hya merasakan nyeri ketika kaki saya digunakan untuk gerakan tertentu,dan terasa panas disekitarnya ,ditambah lagi disekitar tulang kaki yang sakit itu terlihat lebih besar dari kaki satunya…itu di sekitar pergelangan kaki . Apakah itu juga kanker,karna ciri2 lain-lainnya juga sama dg ciri kanker tulang ??

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. nice article…thanks, nice can’t wait for this…thanks Kami menyediakan informasi agen rental mobil dan sewa mobil Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. nice article…thanks, nice can’t wait for this…thanks waralaba / franchise bimbel – peluang usaha modal kecil hasil maksimal

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. haryono says:

    dok, saya punya keponakan umur kira2 4 tahunan. awalnya dia hanya sakit semacam tipus, lalu berat badan menurun drastis sampai kering dn tidak mampu mnggerakan tangan dan kakinya hingga tidak dapat berjalan. lalu dia divonis kanker tulang stadium lanjut,bulan lalu dia menjalankan kemo yang pertama dari 16 kemoterapi yang direncanakan doter yang menanganinya. dikepalanya sekarang ada benjolan.
    dok apa ada cara lain selain dengan kemo? trimakasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0