Sehatkah Vagina Anda?

DokterSehat.com – Sama halnya dengan jantung dan organ vital lainnya, kondisi kesehatan vagina juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa hal tentang vagina yang patut Anda ketahui:



1. Anda tidak perlu menggunakan pembersih khusus untuk vagina

Vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri. Anda hanya memerlukan sabun lembut atau sampo untuk membersihkan rambut kemaluan dan vulva luar. Hindari menggosok dengan kain lap. Jangan menggunakan produk pembersih khusus untuk vagina Anda karena dapat merusak keseimbangan normal bakteri dan malah akan menyebabkan masalah.

2. Keputihan normal bila penyebabnya jelas

Vagina memiliki selaput lendir yang terdiri dari cairan. Tak heran bila terdapat cairan di celana dalam Anda selama cairan yang dikeluarkan tidak berlebihan, berbau, dan berwarna. Beberapa wanita akan mengeluarkan lebih banyak keputihan saat mengonsumsi pil KB.

3. Perubahan jumlah bisa menandakan infeksi

Infeksi jamur biasa dialami vagina wanita. Vagina yang terinfeksi jamur biasanya mengeluarkan keputihan yang berwarna pekat. Cairan ini membuat gatal dan kemerahan namun tidak menimbulkan bau tidak sedap. Infeksi ini bisa diobati dengan krim atau obat-obatan lain. Berbeda bila Anda terinfeksi vaginosis bakteri, yang menyebabkan vagina mengeluarkan cairan kehijauan atau kekuningan. Berbau amis, terutama setelah berhubungan seks. Jika Anda merasa gatal, terbakar, atau jumlah cairan yang keluar berlebihan selama lebih dari satu minggu, sebaiknya segeralah ke dokter.

4. Pakaian ketat dan celana dalam nilon bisa memicu infeksi jamur

Ada dua hal yang bisa meningkatkan risiko Anda terinfeksi jamur, yakni pakaian ketat dan celana dalam yang terbuat dari nilon. Bila Anda sudah terlanjur terinfeksi jamur sebaiknya pakailah celana longgar yang terbuat dari katun. Tidur tanpa menggunakan celana dalam juga bisa mengatasi masalah infeksi jamur.

Baca Juga:  Cara Alami Menurunkan Kolesterol

5. Seks seharusnya tidak menyakitkan vagina

Bagi beberapa wanita, seks bisa membuat vagina merasa sakit. Bila ini terjadi pada Anda segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih awal.