Sehatkah Tidur Di Alas Tidur Yang Keras?

DokterSehat.Com – Untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, kita tentu akan berusaha sebisa mungkin membuat kamar tidur menjadi tempat yang sangat nyaman untuk tidur. Salah satu cara membuat kamar tidur menjadi nyaman adalah dengan memberikan kasur yang nyaman dan empuk. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan alas tidur yang empuk atau bahkan beberapa orang justru lebih suka tidur dengan alas tidur yang cenderung keras layaknya kasur gulung yang tipis, karpet, atau tikar. Apakah alas tidur yang keras ini baik bagi kesehatan?

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Pakar kesehatan berkata jika kasur tidur yang ideal adalah yang rata dan tidak akan melesak ke dalam jika kita menempatinya. Beberapa orang berpikir bahwa kasur yang terlalu empuk sangatlah nyaman digunakan untuk tidur, namun, kasur ini justru bisa memberikan dampak buruk bagi punggung. Alas tidur ternyata berpengaruh besar bagi proporsi tulang belakang sehingga jika kita memakai kasur yang terlalu empuk, tulang belakang akan ikut melengkung mengikuti lesakan kasur ke dalam dan beresiko meningkatkan sakit punggung.

Tidur dengan alas tidur yang keras layaknya pada kasur gulung tipis, karpet, atau bahkan tikar ternyata justru bisa menjadi solusi untuk mengatasi sakit punggung. Alas tidur yang keras ternyata bisa membantu tulang punggung berada dalam posisi yang ideal sehingga penyakit sakit punggung pun bisa diminalisir. Kita bisa tidur dengan posisi telentang pada alas tidur yang keras ini dan menempatkan bantal pada bawah lutut untuk pencegahan sakit punggung yang lebih baik. Selain pemilihan alas tidur, kondisi peregangan saat bangun tidur juga akan membuat pencegahan nyeri punggung ini menjadi lebih maksimal. Peregangan ini bisa dilakukan dengan bangun secara perlahan-lahan dan mulailah meregangkan tangan ke atas lalu diikuti dengan menarik lutut ke arah dada. Setelah melakukan peregangan, kita bisa duduk secara perlahan sebelum kita mulai beranjak dari tempat tidur.

Baca Juga:  BABY BLUES SYNDROME, Ketidakbahagian Ketika Memiliki Anak

Tidak semua orang bisa menikmati waktu tidur di alas tidur yang keras layaknya di karpet atau lantai sehingga jika kita memaksakan tidur di tempat yang keras justru kita akan kehilangan waktu tidur yang berkualitas. Jika anda masih menginginkan kasur yang empuk sebagai alas tidur anda, kita baiknya memastikan bahwa kasur tersebut adalah rata dan tidak terlalu empuk sehingga kita akan tetap bisa mendapatkan kasur tidur yang berkualitas sekaligus tidak memiliki resiko terkena sakit punggung.